-->
    |

KUD Sido Makmur Desa Engkersik Laksanakan PSR Perdana di Hamparan 10 & 12

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Koperasi Unit Desa (KUD) Sido Makmur desa Engkersik kecamatan Sekadau Hilir melakukan ciping perdana melalui  program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) tahap I.

PSR perdana dilakukan di kelompok tani hamparan 10 dan 12 yang tergabung kedalam KUD Sido Makmur.

Namun sebelum dilakukannya ciping perdana, lokasi yang akan di ciping, dilakukan ritual adat Ngudas sesuai dengan adat istiadat setempat kata Mohtar Sabtu (4/6) di Engkersik.

Ketua KUD Sido Makmur Bernadus Mohtar memgatakan, Ngudas adalah ritual adat setempat sebelum memulai suatu kegiatan termasuk ciping. 

"Ngudas adalah kegiatan ritual adat setempat yang dilakukan sebelum memulai suatu kegiatan, termasuk ciping" kata Mohtar.

Tujuan ngudas adalah untuk meminta ijin kepada para lenunggu hutan dan tanah.agar pada saat kita melakukan kegiatan ciping tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. 



Kita berharap selama 3 hari (masa pantangan) 4 - 7 Juni tidak ada aktifitas apapun sebeb kita harus menghormati pantang. Dan di imbau kepada semua anggota tidak boleh melakukan kegiatan apapun di areal hamparan ini. Dan jika ada yang melakukan kegiatan dan jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan,itu menjadi resiko sendiri ucap Mohtar.

Mohtar juga berharap pada saat melakukan ciping di kapling, pemilik kapling diwajibkan hadir dilokasi agar tidak terjadi salah ciping. 

Hal senada juga disampaikan kadus Engkersik Ameng, dia meminta kepada pemilik kapling sepaya membantu proses ciping di kaplingnya masing - masing untuk menghindari kesalahan dilapangan kata kadus.

Kadus menambahkan, tujuan ngudaa adalah untuk meminta ijin keoada penunggu tanah agar pelaksanaan ciping berjalan lancar.

Kadis DKP3 melalui kasi pengolahan hasil perkebunan kabupaten Sekadau Paulus Rimus mengajak segenap anggota KUD Sido Makmur untuk.bersama -sama menyukseskan kegiatan Ciping ini. Sebab  ini meripakan kegiatan yang sudah kita rencanakan sejak lama kata Rimus.

Rimus juga meminta kepada pemilik kapling untuk membantu mengawasi pekerjaan ciping ini.

Sebagai impormasi, KUD Sido Makmur akan melakukan program PSR melalui tiga tahap. Dan di laksanakan oleh CV. Multi Karya Borneo.

Dan di hadiri langsung oleh perwakilan scopindo di kabupaten Sekadau.

Penulis.    Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini