-->
    |

Cakades Ajukan Keberatan, Panitia Pilkades Minta Biaya Hitung Ulang Di Tanggung Penggugat,Ini Penjelasan Kadis PMD

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com -

Pemilihan kepala desa serentak yang berlangsung pada 27 Juli 2021 secara umum telah berlangsung aman dan lancar.

Meski demikian, ada beberapa cakades yang masih belum bisa menerima hasil perhitungan suara di tingkat desa.

Di desa Engkersik misyalnya, calon kepala desa nomor urut 1 atas nama Yulius Tius telah mengajukan keberatan atas perhitungan suara yang dilakukan di tingkat TPS.Dan telah mengajukan keberata atas hasil perhitungan suara di tingkat desa. 

Atas keberatan tersebut, Panitia pemilihan kepala desa Engkersik tidak bersedia melakukan perhitungan ulang terhadap keberatan yang di ajukan calon nomor urut 1 Yulius Tius.

Paniti berdalih bahwa untuk perhitungan ulang tidak ada anggaran. Jika dilakukan perhitungan ulang, semua beban biaya akan dibebankan kepada penggugat. Hal tersebut disampaikan oleh calon nomor urut 1 Yulius Tius kepada redaksi Kapuasrayatoday.com pada Jumat 29 Juli 2022 sore 

Di kompirmasi terpisah, Kepala dinas PMD kabupaten Sekadau Sabas S.IP mengatakan, sesuai juknis yang ada, karena keterbatasan anggaran, memang tidak di anggarkan untuk biaya untuk pencoblosan ulang ataupun penghitungan ulang. Jadi jika terjadi hal demikian itu tergantung kesepakatan antara Pj Kades, Panitia Pilkades dan calon yang melakukan gugatan kata Sabas saat di hubungi melalui telepon selulernya Jumat (29/7) malam. Tapi itu sifatnya musyawarah mufakat tidak ada keharusan. Semua tergantung  kesepakatan sambung Sabas.

Ketua panitia Pilkades desa Engkersik Antonius Payau dihubungi terkait perihal diatas sampai berita ini di publikasi belum memberikan tangapannya.

Penulis.  Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini