-->
    |

NASA akan Rilis Gambar Berwarna Pertama dari Teleskop Antariksa “Webb”


Bintang 2MASS J17554042+6551277 digunakan untuk menyelaraskan cermin Teleskop Luar Angkasa James Webb, dengan galaksi dan bintang yang mengelilinginya. (Foto: VOA)


Kapuasrayatoday.com - Badan antariksa Amerika Serikat (AS) akan segera merilis gambar penuh warna pertama dari teleskop luar angkasa yang bernama James Webb. Teleskop tersebut merupakan alat revolusioner yang dirancang untuk mengintip alam semesta.

Peluncuran foto dan data spektroskopik pada 12 Juli dari observatorium yang baru beroperasi itu menyusul proses pengembangan sejumlah komponen dari jauh yang telah dilakukan selama enam bulan.

Dengan teleskop Webb yang kini sudah diperbarui, para astronom akan memulai daftar proyek sains yang dipilih secara kompetitif yang bertujuan untuk mengeksplorasi evolusi galaksi, siklus hidup bintang, atmosfer planet di luar tata surya yang jauh, dan bulan-bulan di luar sistem tata surya yang ada saat ini.Kumpulan foto pertama, yang membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk diproses dari data teleskop mentah, diharapkan menawarkan pandangan sekilas yang menarik tentang apa yang akan ditangkap Webb dalam misi sains tersebut.

NASA pada Jumat mengunggah daftar lima subjek langit yang dipilih untuk debut “showcase Webb”, yang dibangun untuk badan antariksa AS oleh raksasa kedirgantaraan Northrop Grumman Corp.

Di antara mereka adalah dua nebula - awan gas dan debu yang sangat besar yang diledakkan ke luar angkasa oleh ledakan bintang yang membentuk pembibitan untuk bintang baru - dan dua set gugus galaksi.NASA juga akan mempublikasikan analisis spektrografis pertama Webb dari sebuah planet di luar sistem tata surya, mengungkapkan tanda-tanda molekuler dari pola cahaya yang disaring melewati atmosfernya. Planet tersebut dalam hal ini, yang besarnya kira-kira setengah massa Jupiter, berjarak lebih dari 1.100 tahun cahaya. Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam 5,9 triliun mil atau 9,5 triliun kilometer.

Kelima target pengantar Webb sebelumnya diketahui para ilmuwan. Salah satunya, kelompok galaksi 290 juta tahun cahaya dari Bumi yang dikenal sebagai Stephan's Quintet, pertama kali ditemukan pada 1877.

Namun pejabat NASA berjanji citra Webb menangkap subjeknya dalam cahaya yang sama sekali baru.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini