-->
    |

Pendaki Nepal Ukir Sejarah Mendaki Puncak Gunung Pakistan

Pendaki Nepal, Sanu Sherpa (47 tahun), berhasil mencapai puncak gunung Gasherbrum II Pakistan hari Kamis (21/7).(Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Seorang pendaki Nepal berhasil mencapai puncak gunung Gasherbrum II Pakistan hari Kamis (21/7). Ia mencetak rekor baru dengan mendaki 14 puncak tertinggi di dunia. Semua gunung yang ia daki kedua kalinya itu tingginya lebih dari 8.000 meter.

Sanu Sherpa, 47 tahun, berhasil mendaki gunung tertinggi ke-13 di dunia itu pada ketinggian 8.035 meter di atas permukaan laut pada pagi hari, kata juru bicara Alpine Club of Pakistan (ACP).

“Selamat untuk Sanu Sherpa, pemegang rekor dunia baru dalam sejarah pendakian gunung,” kata Sekretaris ACP Karrar Haidri kepada VOA.

Haidri menambahkan, beberapa pekan lalu pendaki Nepal lainnya juga mendaki Nanga Parbat Pakistan, gunung tertinggi kesembilan di dunia dengan ketinggian 8.126 meter.Perusahaan pendakian Sherpa's Pioneer Adventure di ibukota Nepal, Kathmandu, juga memastikan pencapaiannya. "Dia adalah satu-satunya orang di dunia yang mendaki masing-masing dari 14 gunung tertinggi itu dua kali," kata Direktur eksekutif perusahaan, NibeshKarki kepada kantor berita Reuters.

Nepal memiliki delapan dari 14 puncak tertinggi di dunia termasuk Gunung Everest. Lima gunung lainnya terletak di Pakistan, termasuk yang tertinggi kedua di dunia, gunung K2. Gunung lainnya terletak di sepanjang perbatasan Nepal dan wilayah Tibet di China.

Sherpa berhasil mendaki Everest tujuh kali dan dua kali K2.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini