|



Penjara di Abuja, Nigeria Dibobol, 900 Napi Berhasil Kabur


Beberapa potong baju milik para tahanan yang kabur tampak teringgal di Penjara Kuje di Abuja, Nigeria. Penjara tersebut diserang oleh kelompok bersenjata pada 5 Juli 2022. (Foto: VOA)


Kapuasrayatoday.com - Hampir sebanyak 900 narapidana berhasil melarikan diri pada Rabu (6/7) ketika penjara yang terletak di ibu kota Abuja, Nigeria, dibobol. Para pejabat menilai pembobolan itu dilakukan oleh kelompok pemberontak ekstremis Islam di wilayah tersebut.

Juru bicara Lembaga Pemasyarakatan Nigeria Umar Abubakar mengatakan setidaknya 443 dari 879 narapidana hingga kini masih buron. Sementara ratusan lainnya telah ditangkap kembali atau diserahkan ke kantor polisi.Pemberontak “sangat bertekad” menyerang penjara dengan keamanan maksimum Kuje, di Abuja, pada Selasa (5/7), dengan menggunakan “bahan peledak berkekuatan tinggi,” menewaskan seorang penjaga penjara yang sedang bertugas.

Ledakan dan tembakan terdengar sekitar pukul 10 malam di daerah Kuje, ketika para penyerang tiba dan memaksa masuk ke dalam penjara melalui lubang yang tercipota akibat ledakan sebelumnya.

Kelompok pemberontak ekstremis yang menyerang penjara itu telah melancarkan pemberontakan di wilayah timur laut Nigeria selama lebih dari sepuluh tahun.Serangan terhadap fasilitas penjara itu berhasil membebaskan banyak anggota kelompok ekstremis itu yang ditahan di sana, kata petugas penjara.

Penjara dengan keamanan maksimum Kuje memiliki hampir 1.000 narapidana, termasuk 64 tersangka kelompok eksteremis Boko Haram, yang semuanya telah kabur dari penjara itu.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini