-->
    |

Polres Kapuas Hulu Terjunkan 281 Personel Untuk Pengamanan Pilkades Serentak tahun 2022


 Putussibau,Kapuasrayatoday.com  - Polres Kapuas Hulu melaksanakan apel kesiapan dalam rangka pergeseran pasukan pengamanan Pilkades serentak tahun 2022 di halaman Polres setempat, Kamis tanggal (21/7) 2022.

Bertindak selaku inspektur upacara Kasat Binmas Kompol Salmansyah dan sejumlah Perwira antara lain, Kabag Ops AKP Edhi Trisno Tarigan, S.H serta komandan apel IPDA Didik Riyanto.

Hadir dalam kegiatan tersebut dalam apel kesiapan pengamanan Pilkades serentak tersebut yaitu Kasdim 1206/Psb Mayor Supriyono, Sekretaris Pemdes Kabupaten Kapuas Hulu Nazaruddin, PJU Polres Kapuas Hulu, satu pleton Perwira Polres Kapuas Hulu, satu pleton Kapolsek jajaran Kapuas Hulu, tiga pleton personil Polres Kapuas Hulu yang akan melaksanakan BKO ke Polsek jajaran, satu pleton Personil Polres Kapuas Hulu yang akan melakukan Serpas ke Polsek jajaran, tiga pleton On Call (standby).

Inspektur apel KOMPOL Salmansyah yang membacakan amanat Kapolres Kapuas Hulu menyampaikan bahwa pada hari Sabtu tanggal 23 Juli 2022 akan dilaksanakan pengamanan Pilkades secara serentak di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu dan tujuan dari pada pelaksanaan apel kesiapan adalah untuk mengecek kesiapan personil serta sarana prasarana yang akan digunakan dalam kegiatan pengamanan Pilkades serentak tahun 2022.



Selanjutnya, Kompol Salmansyah mengatakan bahwa dalam pengamanan Pilkades tahun ini Polres Kapuas Hulu melibatkan 281 personil dengan Pola Pengamanan Aman, Rawan 1 dan Rawan 2. Dengan jumlah Kecamatan yang melaksanakan Pilkades serentak sebanyak 20 Kecamatan dengan 74 Desa yang melaksanakan Pilkades dengan jumlah TPS sebanyak 192 TPS serta 54.542 pemilih dan jumlah Calon Kades sebanyak 213 orang.

Kemudian Kompol Salmansyah menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan pengaman Pilkades serentak tahun 2022 ini Polres Kapuas Hulu juga telah membentuk Pleton-Pleton yang sifatnya sebagai pleton bantuan kekuatan dimana 3 pleton penebalan, zona utara di Batang Lupar, zona selatan di Hulu Gurung dan zona perairan di Jongkong yang masing-masing zona terdiri dari 23 personil.

"Polres Kapuas Hulu juga sudah menyiapkan 3 pleton yang terdiri dari 88 personil yaitu pleton On Call yang di standby kan di Mapolres Kapuas Hulu," jelas Kompol Salmansyah.

Selanjutnya Kompol Salmansyah menyampaikan bahwa untuk tahun ini Pilkades yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pada Tahun 2022 ini dilaksanakan secara serentak dan tentunya diharapkan Pilkades tahun ini bisa berjalan dengan aman, lancar dan tertib, hal ini harus di dukung oleh semua komponen yang ada baik itu panitia Pilkades, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para calon Kepala Desa dan masyarakat tidak semata-mata diarahkan kepada aparat keamanan.

"Kepada panitia Pilkades wajib bersikap jujur dan adil terhadap semua calon Kepala Desa, sehingga nantinya tidak mengganggu jalanya pesta demokrasi, sehingga pesta demokrasi Pilkades bisa berjalan aman dan lancar," harap Inspektur apel.

"Kepada para personil yang melaksanakan tugas pengamanan Pilkades bisa memperhatikan karakteristik wilayah dengan berkoordinasi dan bekerjasama dengan panitia dimana di wilayah masing-masing serta mengingatkan panitia Pilkades tetap mengedepankan PROKES dan karena, saat ini Indonesia masih ada pandemi Covid-19," ujar KOMPOL Salmansyah.

Penulis : JS/hms

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini