|



Italia Temukan Bom Bekas Perang Dunia II di Sungai yang Mengering


Anggota dari pasukan tentara Italia memindahkan bom dari masa Perang Dunia II yang ditemukan di dasar sungai Po yang mengering pada 7 Agustus 2022. Sungai terlebut terletak di Borgo Virgilio, Italia. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com - Gelombang panas yang menyapu Eropa pada musim panas kali ini tak hanya menyebabkan rekor suhu tinggi dan kebakaran hutan, tapi juga temuan yang mengejutkan. Kekeringan menyebabkan permukaan air Sungai Po di Italia turun drastis, sehingga memperlihatkan sebuah bom Perang Dunia II yang sebelumnya terendam.

Para pakar militer menjinakkan dan meledakkan bom seberat 450 kg itu pada Minggu (7/8). Bom itu sebelumnya ditemukan pada 25 Juli dekat desa Borgo Virgilio, di dekat kota Mantua.

“Bom itu ditemukan oleh nelayan di Sungai Po karena turunnya permukaan air akibat kekeringan,” kata Kolonel Marco Nasi.Bukan perkara mudah untuk meledakkan bom itu.

Sekitar 3.000 orang yang tinggal di sekitarnya harus dievakuasi untuk operasi tersebut, kata pihak militer. Wilayah udara ditutup, dan navigasi di sepanjang jalur air serta lalu lintas di jalur kereta api dan jalan raya utama juga ditutup.

Italia menyatakan keadaan darurat bulan lalu di wilayah di sekitar Po, yang merupakan sungai terpanjang di negara itu. Sungai yang merupakan sumber air bagi sepertiga produksi pertanian Italia itu, mengalami kekeringan terburuk dalam 70 tahun terakhir.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini