-->
    |

Bupati Sekadau Buka Kegiatan PKM Tentang 1000 HPK

 


Sekadau,Kapusarayatoday.com - 

Bupati Sekadau Aron SH  membuka kegiatan Pertemuan Pembinaan Kader Pembangunan Masyarakat (PKM) tentang 1000 HPK, Pemantauan pertumbuhan dan Perkembangan Bayi dan Balita tingkat kabupaten Sekadau yang berlangsung di gedung Ketakerik jalan Merseka Selatan Sekadau pada Selasa (20/9) 2022.

Plt kadis kesehatan PP dan KB Henry Alpius dalam laporannya menyebutkan kegiatan ini diikuti sebanyak 20 desa rawan stunting dan sejumlah kader posyandu kata Henry Alpius.

Saat ini isu tren yang berkembang  adalah stunting,kematian ibu dan bayi, dan polah hidup sehat.

Stunting kata Henry Alpius memiliki cirikhas dengan pertumbuhan badan yang pendek dari anak seusianya.

Stanting di Sekadau berada pada angka 26,5 persen artinya setiap lelahiran 100 anak terdapat 26 anak yang stunting.

Kegiatan PKM ini merupakan klimak hari penurunan stunting tingkat Nasional di kabupaten Sekadau kata Henry Alpius.

Dalam arahannya bupati Sekadau Aron SH mengatakan, saat ini angka stunting di kabupaten Sekadau berada pada angka 26.5 persen.Sedangkan nasional ada pada angka 14 persen. Artinya kita berada pada angka stunting yang masih sangat tinggi kata Aron.

Aron menambahkan, untuk mengatasi masalah ini kita harus melakukan intervensi dibidang kita masing-masing karena Stunting lanjut Aron, bukan hanya masalah tinggi badan, tapi juga perkembangan otak. 

Dampak lainnya tambah Aron lagi, adalah tinginya angka penderita penyakit jantung, dan penyakit lainnya sebagai dampak dari gizi buruk ungkap Aron.

Terkait Rencana Aksi Nasional (RAN) khusus percepatan penurunan stunting kita harus bekerja sama dengan semua pihak pungkas Aron.



Usai memberikan sambutannya Aron secara resmi membuka kegiatan PKM.

Kegiatan tersebut juga di hadiri bupati Sekadau Aron SH, Ketua TP.PKK Ny.Magdalena Susilawati Aron SP. Plt.Kadinkes PP dan KB Henry Alpius, Kadis Komimfo Matius Jon.perwakilan dari sejumlah OPD, kepala Puskesmas Sekadau Hilir Subagiyo, 20 kades, dan sejumlah kader Posyandu.

Penulis.   Sudarno  


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini