-->
    |

45 Petugas Panwascam Se-Kabupaten Sanggau di Lantik, Tegakkan Demokrasi

Foto: Ketua Bawaslu Sanggau Alipius Saat Proses Pelantikan Panwascam Se- Kabupaten Sanggau

Sanggau.Kapuasrayatoday.com-
Sebanyak 45 Petugas Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Se- Kabupaten Sanggau mengikuti proses pelantikan, Jum'at (28/10/2022). Usai dilantik, mereka langsung melaksanakan tugas pengawasan tahapan pemilu di 2024.

Proses pelantikan dipimpin langsung Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sanggau Alipius.SH ”Hari ini kami melantik 45 Panwascam dari 15 kecamatan di Kabupaten Sanggau, masing-masing kecamatan ada 3 orang,” Tutur Saparudin Anggota Komisioner Bawaslu ditemui usai acara.
Selain oleh penyelenggara pemilu, acara pelantikan juga dihadiri sejumlah stakeholder terkait. Mulai dari Kepala Kesbangpol Antonius  Ketua Kpu Martinus Sumarto hingga perwakilan Polres dan Kejaksaan.

Dengan adanya proses pelantikan tersebut, maka proses rekrutmen Panwascam di Sanggau tuntas. ”Untuk proses pembentukan Panwascam, pelantikan, dan pengambilan sumpah sudah,” terangnya.

Selanjutnya, pihaknya akan membentuk kesekretariatan di tingkat kecamatan. ”Seperti halnya periode sebelumnya, kesekretariatan di tingkat kecamatan juga akan diisi beberapa staf,” Jelas Saparudin 

Selanjutnya, Panwascam akan langsung mulai bertugas untuk mengawasi tahapan pemilu 2024 di tingkat kecamatan. ”Masing-masing akan mulai bekerja untuk meminimalisir berbagai potensi kecurangan selama proses tahapan pemilu,” katanya.

”Hari ini kami juga berikan pembekalan kepada mereka jelang bertugas. Kami melibatkan beberapa stakeholder dalam pemberian materi,” katanya.

Selain itu, Panwascam juga bertugas untuk membentuk Panwaslu tingkat kelurahan. ”Kami masih menunggu arahan dari Bawaslu RI untuk tahapan rekrutmen Panitia Pengawas di tingkat kelurahan,” tandasnya.

Saat ini, satu di antara tahapan pemilu yang masih berlangsung adalah verifikasi faktual terhadap partai politik calon peserta pemilu 2024. 

Sesuai jadwal, tahapan ini akan berlangsung hingga 4 November mendatang. Dalam verifikasi tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sanggau mendatangi satu persatu sampel anggota berdasarkan alamat KTP yang diunggah Parpol ke dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Tak sendiri, Bawaslu Sanggau juga ikut mendatangi satu persatu alamat tersebut. Petugas Panwascam harus siap menegakkan demokrasi sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku. Juga meningkatkan sumber daya manusia dalam hal pengawasan sampai tingkat TPS. Tutupnya (Cep)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini