-->
    |

Aron Pimpin Rakor Reporma Agraria Kabupaten Sekadau 2022, PT.TBSM Ajukan Pelepasan Lahan HGU 11,39 Hektare



Sekadau,Kapuasrayatotady.com - 
Polemik hak guna usaha (HGU) PT. Tinting Boyok Sawit Makmur (TBSM) dengan masyarakat desa Tinting Boyok sedikit menemui titik terang. Hal tersebut terkuak saat rapat koordinasi gugus tugas reporma agraria kabuaten Sekadau yang berlangsung di aula lantai II kantor bupati Sekadau Senin (21/11) 2022.
Bupati Sekadau Aron SH dalam keterangannya mengatakan, kronologis masyarakat menuntut PT.TBSM berawal dari program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) pada tahun 2020.
Pada saat itu Aron, semua masyarakat melakukan banyak pengukuran kepemilikannya, dan setahun kemudian, tepatnya pada tahun 2021 sertifikatnya banyak yang tidak keluar. 
Nah saat itulah masyarakat tau, kalau lahan yang mereka luas seluas 1.738.39 Hektare masuk HGU PT.TBSM terang Aron.
Dan pada akhirnya masyarakat melakukan gugatan terhadap PT.TBSM.
Komplik ini sambung Aron, bukan komplik antar individu, melainkan komplik sosial antara masyarakat dengan koorporasi besar yaitu PT.TBSM.Oleh karena itu,penanganan kasus ini memerlukan langkah - langkah kongrit dan penuh kehati -hatian  agar tidak terjadi komplik sosial yang lebih besar ungkap Aron. Pada 15 Agustus 2022, PT.TBSM telah mengajukan pelepasan lahan seluas 11,83 Hektare yang terdiri dari lahan Sawah, lahan Perkuburan dan lahan Perumahan jelas Aron. 
Aron mengatakan, untuk.meyelesaikan komplik ini kita akan melakukan langkah - langkah kongkrit secara bertahap. 
Hal ini kita lakukan agar antara pihak perusahaan TBSM maupun masyarakat tidak terjadi kesalahpahaman jelas Aron.
Sementara itu, perwakilan dari BPN Provinsi Kalbar dalam tanggapannya mengatakan,  tujuan rakor ini adalah untuk memberikan masukan kepada tim satgas agar saat mengambil suatu keputusan tidak salah langkah ujarnya.
Dalam rakor ini sambung dia, kita belum melibatkan kedua belah pihak (PT.TBSM maupun Masyarakat Tinting Boyok). Hal itu kita lakukan untuk menghindari konplik.
Rakor gugus tugas reporma agraria kabupaten Sekadau dihadiri unsure Porkopimda, anggota tim gugus tugas reporma agraria kabupaten Sekadau dan sejumlah undangan lainnya.
Penulis.   Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini