-->
    |

Kesepakatan RCEP ASEAN Ditandatangani

Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc berpidato di depan rekan-rekannya di KTT ASEAN-China dari Perserikatan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), yang diadakan secara online karena pandemi virus corona, di Hanoi pada 12 November 2020. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), ditandatangani negara-negara anggotanya pada Minggu dan menjadi blok perdagangan bebas terbesar di dunia.

Negara yang berpartisipasi adalah 10 negara ASEAN dan China, Jepang, Korea Selatan, Australia dan Selandia Baru.

Perjanjian RCEP akan mempercepat pembangunan komunitas ekonomi ASEAN dan dengan demikian memungkinkan ASEAN menjadi mitra yang dinamis dan kuat dalam mempromosikan kerja sama untuk kemakmuran bersama, kata Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc pada upacara penandatanganan yang diadakan melalui konferensi video.

15 negara peserta RCEP itu melibatkan sekitar 30 persen populasi global, produk domestik bruto global, dan perdagangan global.

Penandatanganan tersebut dilakukan setelah 30 lebih putaran perundingan, yang mulai diluncurkan November 2012, disertai sejumlah pemimpin khusus dan pertemuan tingkat menteri antara negara-negara peserta.

KTT ASEAN ke-37 dan pertemuan-pertemuan penting terkait berlangsung dari Kamis hingga Minggu melalui konferensi video.

ASEAN dibentuk tahun 1967, dengan anggotanya Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Vietnam adalah ketua ASEAN untuk tahun 2020.  (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini