-->
    |

NASA Perkenalkan Kelompok Baru Astronaut ke Bulan

Pekerja terlihat di Pusat Antariksa Kennedy merapikan logo NASA yang berdiri di Cape Canaveral, Flordida, Rabu, 20 Mei 2020. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Badan Antariksa AS NASA pada hari Rabu (9/12) resmi memperkenalkan 18 astronaut yang akan ambil bagian dalam program berawak barunya ke bulan.

Sembilan lelaki dan sembilan perempuan termasuk dalam kelompok astronaut pertama yang ditugaskan dalam program Artemis, dengan setengah dari mereka pernah terbang ke antariksa. Dua astronaut Artemis, Victor Glover dan Kate Rubins, sekarang ini sedang bertugas di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) sebagai bagian dari awak pertama yang akan terbang dengan pesawat Crew Dragon milik perusahaan swasta SpaceX.

Para astronaut Artemis juga mencakup Christina Koch dan Jessica Meir, yang melakukan spacewalk (kegiatan di luar pesawat antariksa) pertama di dunia yang seluruhnya dilakukan awak perempuan tahun lalu di ISS.

Wakil Presiden Mike Pence, yang memimpin upacara perkenalan di Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida, memuji para astronaut Artemis sebagai “masa depan penjelajahan antariksa Amerika, dan masa depan tersebut cemerlang.”

Misi pertama Artemis, yang untuk sementara dijadwalkan berlangsung tahun depan, akan berupa uji penerbangan tak berawak Sistem Peluncur Antariksa baru NASA dan kapsul Orionnya, yang dirancang untuk mengangkut manusia ke bulan dan Mars. Jika NASA mencapai tujuannya mendaratkan awak pertama Artemis ke bulan pada tahun 2024, ini akan menjadi misi berawak pertama ke bulan sejak berakhirnya program Apollo yang legendaris pada tahun 1972. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini