-->
    |

Genjot Sertifikasi RSPO, SPKS Laksanakan Pelatihan Dinamika Kelompok, Penentuan Harga TBS,dan Pengelolaan Keuangan Kelompok

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Dalam pengelolaan mempersiapkan kapasitas petani swadaya, Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) menggelar pelatihan dengan mengangkat tema "Dinamika Kelompok,Penentuan Harga TBS dan Keuangan Kelompok".yang berlangsung di sekretariat Internal Control Sistem (ICS) desa Engkersik pada Kamis (17/6) 2021 .

Ketua SPKS kabupaten Sekadau Bernadus Mohtar, dalam arahan pembukanya mengatakan, pelatihan ini ditujukan kepada pengurus Kopbun dan Internal Control Sistem (ICS) guna persiapan menuju sertifikasi RSPO yang di fokuskan di dua desa yaitu desa Engkersik dan desa Setawar.

Keberhasilan sertifikasi RSPO kata Mohtar, sangat ditentukan oleh kinerja Pengurus kopbun dan ICS. Untuk itu dia berharap antara Kopbun dan ICS terus berbenah agar yang kita inginkan bisa tercapai.

Mohtar menambahkan, sebagai pendamping petani swadaya, SPKS memiliki komitmen yang kuat agar petani swadaya bisa disertifikasi RSPO.

Selain itu tambah dia lagi, untuk menjawab tantangan kebutuhan petani swadaya, SPKS akan membangun lembaga keuangan yaitu koperasi simpan pinjam (KSP) dengan nama "KSP Lawang Kuari Mandiri" ujar Mohtar.

Tujuan dibentuknya KSP, tambah dia adalah untuk membatu pentani khusunya petani swadaya untuk membeli kebutuhan kebun seperti Pupuk dan herbisida.

Untuk Kebutuhan Herbisida, SPKS secara nasional sudah bekerja sama dengan PT.Singenta pungkas Mohtar.

Penulis.  Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini