|



Wabup Subandrio Buka Pelatihan Kapasitas dan Kinerja Perangkat Desa

 Subandrio : Aparatur Desa Harus Berkinerja Baik.



Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kinerja perangkat desa, sebagai pemegang amanat untuk melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan 

pembangunan dan pelayanan masyarakat. Maka kami melaksanakan peningkatan kapasitas bagi apartur pemerintah desa.

Acara tersebut di ikuti oleh tiga kecamatan yakni kecamatan Belitang hulu, kecamatan Belitang hilir dan kecamatan Belitang, dan dibuka oleh wakil bupati Sekadau, (22/9/2021) di gedung pertemuan kantor camat Belitang.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, SH,MH menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Sekadau memberikan perhatian luar biasa kepada desa, sebab keinginan pemerintah daerah kabupaten Sekadau saat ini adalah membangun daerah dimulai dari pelosok, guna

memperkuat daerah dan desa. Sehingga Dana Desa (DD) dari tahun ke tahun selalu meningkat.

"Satu desa mengelola anggaran hampir Rp 900 juta sampai 1 miliar sesuai dengan wilayah dan jumlah penduduk serta peringkat desa, sehingga memiliki keleluasaan membangun sendiri desanya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemberdayaan desa," kata wabup

Dimasa pandemi covid-19 semua anggaran di repocusing termasuk semua OPD Pemkab Sekadau anggarannya juga dipotong mengikuti aturan SKB Kemenkeu, agar belanja modal dan belanja barang dan jasa minimal 8 persen.

Meski demikian kata Wabup, dengan semakin banyak anggaran yang dikelola desa, semakin besar risiko, oleh karenanya para aparat pemerintahan desa diharapkan memahami aturan dan regulasi. Terutama UU Desa, termasuk turunan di bawahnya, menjadi pedoman dalam melangkah.

“Oleh karenanya kita harus tertib administrasi agar kades perangkat tidak berhadapan dengan Aparat Penegak Hukum. Karena sekarang desa tidak hanya dipelototi LSM, tetapi masyarakat dengan mudah melakukan pengaduan tata kelola keuangan desa ke Kejaksaan, oleh karena itu kita harus mengantisipasi dengan tertib administrasi,” pesannya.

Ditempat yang sama Hermansyah, M.SE Camat Belitang dalam sambutan saat acara pembukaan mengatakan, bahwa harapan yang besar bagi para peserta kegiatan, mengingat penyelenggaraan Pemerintahan desa di wilayah Kecamatan Belitang akan semakin baik bila peran dari aparatur pemerintah memiliki kemampuan dan keterampilan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

"Memiliki kemampuan dan keterampilan hanya cukup, melainkan perlu keinginan dan kemauan dari hati masing-masing aparatur, serta dukungan yang kuat dari Kepala Desa, Ketua BPD dan masyarakat dalam melaksanakan program yang telah direncanakan, terutama program yang telah menjadi Perencanaan Dokumentasi desa yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes)," kata Herman.

Sementara itu ketua panitia penyelenggara Syahdiman dalam penyampaiannya mengatakan, kegiatan tersebut disamping sebagai upaya meningkatkan kemampuan aparatur Pemerintah Desa dalam pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan, juga meningkatkan kualitas dan kinerja pemerintah desa. 

"Jadi kegiatan ini adalah sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kinerja aparatur desa,agar lebih baik dalam pelayanan dan memenet anggaran desa,"katanya.

Untuk diketahui kata dia, peserta Pelatihan kali ini berjumlah 66 Orang, para peserta terdiri dari unsur Kepala desa, dan Sekretaris desa.

Penulis.       Tim Liputan

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini