-->
    |


Dr Pramono Resmi Jabat Ketua PATRI Sumbar Masa Bakti 2021-2026

 


Padang,Kapuasrayatoday.com - 

Tepat dinihari, pukul 01.24 Ahad (05/12/21) ahli sastra Minangkau Pramono, terpilih jadi Ketua Umum PATRI (Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia) Sumatera Barat, masa bakti 2021-2026. 

Anak transmigran dari Darmasraya itu resmi menggantikan Sumpono, Ketua DPD PATRI sebelumnya. 

Pramono yang ahli filologi dari Universitas Andalas itu dibantu Sekretaris Umum Wakidul Kohar (Trans Pesisir Selatan), dan Bendahara Umum Sukamdi (Trans Sitiung). 

Musyawarah Daerah (MUSDA) ini dalam rangkaian memperingati Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) ke 71, yang secara Nasional dilaksanakan di Lunang Silaut, Pesisir Selatan pada 12 Desember 2021 mendatang. Direncanakan HBT akan dihadiri Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, Dirjen Transmigrasi, DPP PATRI, dan pejabat Provinsi maupun Kabupaten se Sumantera Barat.

Hasprabu, Ketum DPP PATRI melalui video call menyambut baik MUSDA PATRI Sumbar. “Terimakasih kepada Mas Sumpono yang telah memimpin PATRI Sumbar dengan baik. Juga para kader PATRI se Sumatera Barat. Juga tuan rumah Mas Arifin dan peserta MUSDA,” ujarnya.

Dikatakannya, transmigrasi secara nyata turut membangun Sumatera Barat. Menurut catatan DPP PATRI, transmigrasi di Sumbar dimulai sejak 1953, di Koto Baru Pasaman Barat. Ada 72 lokasi transmigrasi tersebar di 7 kabupaten, yaitu: Pasaman Barat, Sawahlunto/Sijunjung, Darmasraya, Pesisir Selatan, Mentawai, Padang Pariaman, dan Limapuluh Kota. Juga ada transmigrasi repatrian dari Suriname di Tongar.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Musyawarah Cabang PATRI Darmasraya. Dokter Aji Sujito, Direktur RSUD dipercaya sebagai Ketuanya. Sebelumnya Muscab PATRI Pesisir Selatan.

Terpisah, Sutrisno Singotirto Sekjen DPP PATRI yang juga Ketua KOPADIRA (Koperasi PATRI Digital Sejahtera, red) menambahkan. “Potensi eks kimtrans (permukiman transmigrasi, red) di Sumbar luar biasa. Karena itu kita berharap, setelah terbentuknya kepengurusan ini agar segera membuat peta potensi kimtrans di Sumbar, sehingga bisa bersinergi melalui KOPADIRA”, ujarnya.(rilis/Patri)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini