-->
    |

Kapolres Sanggau Gelar Tatap Muka, Meningkatkan Sinergitas Polri Dengan Komponen Masyarakat Dalam Menjaga Kamtibmas

Foto: Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan S.I.K

Sanggau.Kegiatan Tatap Muka Polres Sanggau Dalam Rangka Meningkatkan Sinergitas Dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di wilayah Kabupaten Sanggau. bertempat di Aula Graha Wira Pratama Polres Sanggau. Selasa (22/02/2022)

Turut menghadiri Kapolres Sanggau AKBP ADE KUNCORO RIDWAN, S.I.K, Waka Polres Sanggau KOMPOL NOVRIAL ALBERTI KOMBO, S.I.K, M.AP, PJU Polres Sanggau, Ketua Harian DAD Kab. Sanggau, Ketua IKBM Kab. Sanggau, Ketua PFKPM Kab. Sanggau, Ketua G3 Kab. Sanggau, Ketua Pasundan Kab. Sanggau, Ketua NU Kab. Sanggau, Ketua MUI Kab. Sanggau, Ketua Muhammadiyah Kab. Sanggau, Ketua GP Anshor Kab. Sanggau, Pengurus PDKS Kab. Sanggau, Pengurus Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Keagamaan serta Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kab. Sanggau.

Adapun rangkaian acara dalam kegiatan tersebut Kata sambutan Kapolres Sanggau dalam kegiatan tersebut Memanjatkan Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan segala karunia-Nya.

Lanjutnya pada hari ini kita  masih  diberikan  kesehatan  jasmani  dan  rohani, sehingga dapat hadir bersama di tempat ini untuk mengikuti acara tatap muka Kapolres Sanggau dengan komponen masyarakat Kabupaten Sanggau dalam rangka “Meningkatkan Sinergitas Polri Dengan Komponen Masyarakat Dalam Menjaga Kamtibmas di Wilayah Kabupaten Sanggau.” Tutur Orang Nomor Satu di Polres Sanggau

"Kami sangat menyadari sekali bahwa Polri tidak bisa bekerja sediri dalam menjaga dan menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif tanpa peran serta dari seluruh komponen masyarakat." Pesannya

"Melalui tatap muka ini, mari kita tingkatkan sinergitas antara Polres Sanggau dengan seluruh komponen masyarakat, baik Masyarakat Adat, Majelis Budaya, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Keagamaan maupun Organisasi Kepemudaan yang selama ini sudah terjalin dengan baik, sehingga dapat bersama-sama menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Wilayah Kabupaten Sanggau."

Untuk lebih mewujudkan itu semua perlu adanya kesadaran dari masyarakat dalam membantu Polri  menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Jumlah Anggota Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk Kabupaten Sanggau menjadi alasan utama untuk membentuk sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainya terkait Kamtibmas, yang kemudian kelompok masyarakat tersebut dikenal dengan sebutan Kelompok Sadar Kamtibmas atau disingkat POKDAR KAMTIBMAS. Tutur Kapolres Sanggau

Karena dengan POKDAR KAMTIBMAS adalah sebuah organisasi masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu Polri untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat. Sebagai Dasar Pembentukan POKDAR KAMTIBMAS adalah Surat Keputusan Kapolri No. Pol. :  SKEP/831/XI/2005 TGL 25 Nopember 2005 tentang Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas (POKDAR KAMTIBMAS).

Lanjutnya lagi POKDAR KAMTIBMAS didirikan atas inisiatif Direktur Pembinaan Masyarakat Mabes Polri IRJEN POL PUTRA ASTAMAN bersama beberapa Jenderal lainnya pada Tahun 1992. POKDAR KAMTIBMAS dibentuk karena dibutuhkan masyarakat yang benar-benar ingin menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat. 

Peran utama POKDAR KAMTIBMAS mempunyai visi, menjadi sahabat dan menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri dalam meningkatkan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan Kamtibmas. Sedangkan misinya adalah, hadir ditengah masyarakat untuk memberikan suluh dalam peningkatan kesadaran Kamtibmas dan hukum, membangun komunikasi yang efektif dan intensif dengan masyarakat, kelompok dan atau komunitas, membangun dan mengembangkan Kemitraan dengan segenap komunitas dalam memelihara situasi Kamtibmas dan mendorong partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas.

Terkait dengan POKDAR KAMTIBMAS, secara lengkap nanti akan dipaparkan oleh Kasat Binmas, apa dan bagaimana POKDAR KAMTIBMAS sesuai Skep Kapolri tersebut. 

Selaku Kapolres Sanggau mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi atas kerjasama dan sinergitasnya selama ini dalam menjaga dan memelihara kamtibmas yang aman kondusif di wilayah Kabupaten Sanggau ini.

"Menambahkan lagi terkait perlunya peran kita dalam mensukseskan Program Pemerintah dalam penanganan Covid-19 yaitu melalui Penerapan Prokes Ketat dan Percepatan Vaksinasi." Pesannya

Polres Sanggau dalam hal ini telah membantu Pemda Sanggau dengan telah dibentuknya Tim Vaksin Polres Sanggau, pada saat ini tersedia stok vaksin yang cukup banyak, bagi peserta tatap muka atau keluarga yang membutuhkan vaksin booster silahkan ke Polres Sanggau. Tidak usah memilih milih jenis vaksin karena semuanya sama, sama kegunaannya, manfaatnya dan efektifnya.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjukNya kepada kita sekalian, sehingga kita dapat berama-sama menjaga dan memelihara Kamtibmas di Wilayah Kabupaten Sanggau secara baik guna menjadikan sanggau yang maju dan terdepan, Sanggau yang bermartabat. Tutupnya (Red)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini