-->
    |

Mantan Menlu AS Pompeo Kunjungi Taiwan

Mantan Menlu AS Mike Pompeo bersama istrinya (foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com - Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo tiba di Taiwan bersama istrinya pada Rabu (2/3) malam untuk kunjungan empat hari.

Berbicara kepada para wartawan setibanya di bandara Taoyuan, Pompeo mengatakan dia sangat menantikan kesempatan bertemu dengan para pengusaha dan pejabat pemerintah selama kunjungannya di pulau itu.

“Dan saya sangat menantikan perjalanan saya untuk bertemu dengan para pebisnis, para pejabat pemerintah dan orang-orang di seluruh negara Anda yang hebat. Terima kasih banyak telah meluangkan waktu untuk menjamu saya di sini bersama istri saya Susan. Saya tahu kita akan mengalami kunjungan beberapa hari yang menyenangkan,” ujar Pompeo.Pompeo dijadwalkan bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen pada hari Kamis dan menyampaikan pidato di sebuah forum yang diselenggarakan oleh Prospect Foundation yang berafiliasi dengan pemerintah pada hari Jumat.

Sebagai menteri luar negeri Amerika dari April 2018 hingga Januari 2021, Pompeo memfasilitasi persetujuan pemerintah AS untuk penjualan senjata ke Taiwan dan memperkuat hubungan bilateral.

Dia juga menyuarakan dukungan untuk partisipasi Taiwan dalam organisasi-organisasi besar internasional dan mengutuk pelanggaran hak asasi manusia oleh Tiongkok di Xinjiang serta tindakan keras terhadap kebebasan sipil di Hong Kong. (VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini