-->
    |

PBB, AS Sangkal Klaim Rusia soal Laboratorium Senjata Biologis di Ukraina

Duta Besar Rusia untuk PBB Vasily Nebenzya berbicara pada rapat Dewan Keamanan PBB di New York (foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Negara-negara Barat mengecam Rusia pada Jumat (11/3) karena berusaha memanfaatkan DK PBB untuk menyebarkan disinformasi dan kebohongan tentang laboratorium senjata biologis di Ukraina, yang menurut PBB tidak benar.

“PBB tidak tahu tentang program senjata biologi seperti itu,” demikian kata Wakil Tinggi PBB untuk urusan Pelucutan Senjata, Izumi Nakamitsu kepada anggota Dewan Keamanan.

Dia mengatakan, senjata biologis sudah dinyatakan tidak sah sejak dicetuskannya Konvensi Senjata Biologis pada 1975. Baik Ukraina maupun Rusia menandatangani konvensi itu.

Nakamitsu mendesak kedua negara untuk menggunakan langkah-langkah yang telah disepakati bersama dalam konvensi PBB ituDuta Besar Rusia untuk PBB Vasily Nebenzya berbicara hampir 20 menit dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB hari Jumat. Wakil Rusia itu melontarkan tuduhan tanpa disertai bukti bahwa Ukraina, yang didanai oleh militer AS, telah mengembangkan senjata biologis di paling sedikit 30 laboratorium di negara itu.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy membantah tuduhan Rusia itu dalam sebuah pidato lewat video pada Kamis dengan mengatakan, “Tidak ada satu orangpun (di Ukraina) yang mengembangkan senjata kimia atau jenis senjata penghancur massal lainnya.” untuk menanggapi setiap keprihatinan.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini