-->
    |


Pejabat Uni Eropa: Sengketa Perikanan Inggris-Prancis Hampir Tuntas

kapal ikan Prancis memblokir jalan masuk menuju pelabuhan Saint-Malo ketika para nelayan memprotes hak-hak mereka setelah Brexit resmi diberlakukan, pada 26 November 2021. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com - Perselisihan pasca Brexit antara Prancis dan Inggris terkait hak untuk mengambil ikan bagi kapal Prancis, hampir mendekati titik temu, kata komisioner urusan perikanan Uni Eropa dalam wawancara pada Minggu (10/4). Perkembangan itu terjadi setelah terdapat perundingan yang berlangsung selama beberapa bulan.

"Kami berhasil memiliki sebagian besar lisensi yang telah diminta" oleh para pemilik kapal-kapal Prancis untuk mengambil ikan di perairan Inggris, dan tinggal 70 lisensi lagi, kata komisioner Virginijus Sinkevicius kepada Financial Times.Ia mengatakan komisi itu, yang telah mendukung Prancis dalam sengketa tersebut, "berniat sepenuhnya untuk terus membangun hubungan yang sukses dan konstruktif dengan Inggris."

Ketika dihubungi oleh AFP, Komisi Eropa belum segera mengonfirmasi informasi itu ataupun memberi rincian lebih jauh.

Tapi seorang perwakilan di kementerian kelautan Prancis mengatakan kepada AFP bahwa "belum ada kemajuan tertentu yang bisa diberikan terkait isu itu.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini