-->
    |


Ukraina Kumpulkan Bukti Kejahatan Perang Rusia


Seorang jurnalis mendokumentasikan kuburan massal di Bucha, pinggiran Kyiv, Ukraina, Minggu (3/4).(Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Oleksiy Arestovych, hari Minggu (3/4) mengatakan pihak berwenang telah menemukan bukti-bukti kejahatan perang serius yang dilakukan pasukan Rusia di pinggiran ibu kota Kyi

Arestovych mengatakan sejumlah mayat warga sipil ditemukan di jala-jalan di kota Irpin, Bucha dan Hostomel – di pinggir Kyiv – setelah mundurnya pasukan Rusia. Ia membandingkan temuan itu dengan “film horor.”Kota-kota yang telah dibebaskan ini mewakili adegan film horor, pasca-apokaliptik. Di antara korban kejahatan Rusia adalah sejumlah perempuan yang diperkosa dan kemudian mayatnya dicoba dibakar, pembunuhan pejabat-pejabat pemerintah lokal, pembunuhan anak-anak, pembunuhan lansia, pembunuhan laki-laki yang sebagian besar tangannya diikat ke belakang dengan bekas penyiksaan dan ditembak di belakang kepala. Belum lagi fakta-fakta seperti perampokan, pengambilan emas dan barang berharga dan sebagainya. Semua hal ini akan menjadi pertimbangan kantor Kejaksaan Ukraina, aparat penegak hukum dan pengadilan pidana internasional,” ungkapnya.

Arestovych menegaskan bahwa pihak berwenang Ukraina akan menyelidiki seluruh dugaan kejahatan perang ini dan melacak pelakunya.

Laporan itu telah memicu kecaman keras internasional.(VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini