-->
    |

Kapsul SpaceX Mendarat di Laut, Bawa 4 Astronaut Pulang dari Misi 6 Bulan

Kapsul luar angkasa SpaceX Dragon terangkat dari air setelah tercebur di Teluk Meksiko pada Jumat, 6 Mei 2022. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com - Tim astronaut ketiga yang bertugas lama yang diluncurkan oleh SpaceX ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS) kembali dengan selamat ke Bumi Jumat (6/5) pagi, mendarat di perairan Teluk Meksiko di lepas pantai Florida. Mereka mengakhiri riset orbital berbulan-bulan, mulai dari menanam cabai hingga riset robot.

Kapsul Crew Dragon SpaceX yang membawa tiga astronaut NASA dan seorang awak Badan Antariksa Eropa (ESA) dari Jerman mendarat dengan parasut ke laut yang tenang di tengah kegelapan pada penghujung penerbangan pulang selama 23 jam lebih dari ISS.

Pendaratan pada sekitar pukul 4.45 GMT itu ditayangkan langsung melalui webcast bersama NASA-SpaceX.Awak Endurance, yang mulai tinggal di orbit pada 11 November lalu, terdiri dari astronaut kawakan Amerika Tom Marshburn, 61, dan tiga lainnya yang baru pertama kali terbang ke antariksa – astronaut NASA Raja Chari, 44, dan Kayla Barron, 34, serta sejawat mereka dari ESA Matthias Maurer, 52.

Rekaman kamera dari dalam kompartemen awak memperlihatkan para astronaut duduk terikat sabuk di kursi mereka, mengenakan baju antariksa dan helm warna hitam dan putih.

erlu waktu kurang dari satu jam bagi tim tanggap pendaratan untuk mencapai kapsul yang terombang-ambing di air, mengangkatnya ke dek kapal dan membuka palka sehingga para astronaut dapat menghirup napas pertama di udara segar dalam kurun hampir enam bulan.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini