-->
    |

Erdogan akan Bertemu Para Pemimpin Swedia, Finlandia

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memeriksa kondisi kebakaran hutan dari dalam helikopter yang terbang melintasi area bencana di dekat Marmaris, Provinsi Mugla, Turki, pada 22 Juni 2022. (Foto: VOA)

Kapuasrauayoday.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan menghadiri perundingan dengan para pemimpin Swedia dan Finlandia, serta NATO pada Selasa (28/6) menjelang pelaksanaan KTT di Madrid, kata juru bicara presiden Turki Ibrahim Kalin pada Minggu (26/6).

Tetapi permohonan itu mendapat tentangan dari Turki, yang marah dengan apa yang dikatakan sebagai dukungan Helsinki dan Stockholm terhadap para militan Kurdi dan embargo senjata terhadap Ankara.

Berbicara kepada lembaga penyiaran Haberturk, Kalin mengatakan ia dan Wakil Menteri Luar Negeri Sedat Onal juga akan menghadiri perundingan dengan delegasi Swedia dan Finlandia di Brussels pada Senin (27/6).

"Akan ada KTT empat arah pada tingkat pemimpin di Madrid atas permintaan sekjen NATO dengan kehadiran presiden kami,"katanya.

Kalin mengatakan kehadiran Erdogan dalam perundingan dengan Swedia, Finlandia dan NATO pada Selasa (28/6) "bukan berarti kami akan melangkah mundur dari posisi kami."

Kami telah membawa negosiasi ke titik tertentu. Tidak mungkin bagi kami untuk mengambil langkah mundur di sini," ujarnya mengenai perundingan mendatang

Kalin mengatakan Turki dan negara-negara Nordik pada umumnya menyepakati berbagai isu dan akan berada di posisi yang lebih baik di Madrid— apabila mereka bisa menyepakatinya dalam perundingan pada Senin (27/6).(VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini