-->
    |


KPU Sekadau Ikuti Launching Tahapan Pemilu 2024 Secara Daring

 Hasyim A"asyi : Penyelengara Pemilu Jangan Masuk Ke Arena Komplik Cukup Jadi Penyelenggara !!



Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi melaunching tahapan Pemilu serentak 2024 pada Selasa 14 - Juni - 2022 malam yang di selengarakan secara luring dan daring, dan di ikuti oleh KPU di Seluruh Indonesia.

Di kabupaten Sekadau kegiatan tersebut di ikuti secara daring melalui aplikasi Zoom dan di hadiri selurih anggota KPU,Bawaslu, Dandim 1204/Sabggau-Sekadau, Sekda Muhammad Isa, Kadis Dukcapil, dan insan Pers.

Dalam sambutan Presiden Joko Widodo yang dibacakan Mendagri Tito Karnavian menegaskan bahwa Pemerintah mendukung penuh tahapan Pemilu 2024. Pemilu serentak akan diselengarakan pada 14 Februari 2024 untuk pemilihan anggota Legislatif,DPD dan Preaiden, sedangkan Pilkada serentak akan di laksanakan pada 27 November 2024.

Presiden juga mengingatkan untuk menjaga kualitas pemilu para peserta Pemilu harus memberikan pendidikan Politik yang benar kepada masyarakat.

Pada Pemilu 2019, Indonesia berada pada peringkat tertinggi di dunia dengan partisifasi pemilih mencapai 81 persen.

Preaiden juga mengingatkan untuk menghindari gesekan dimasyarakat, peserta Pemilu diminta untuk memanfaatkan akses teknologi impormasi untuk mengurangi mobilisasi masa.

Pada Pilkada serentak 2020 yang di selenggarakan pada masa Pandemi Covid-19, Indonesia  barada pada peringkat dua setelah Pemilihan Presiden Amerika Serikat dimana partisipasi pemilihnya sangat tinggi.

Sementar Wakil ketua DPD-RI Nono Sampurno.menegaskan bahwa Pelaksanaan pemilu harus sesuai dengan konstitusi. 

Dia juga berharap penyelengara pemilu harus bekerja secara propesional. Sebab pemilu 2024 adalah Pemilu yang sangat rumit, mulai dari pelaksaan sampai perhitungan hasil Pemilu harus tepat waktu. Sebab Pemilu yang berintegritas skan menghasilkan pemimpin yang berkualitas kata Nono Sampurno.

Ketua DPR-RI Puan Maharani dalam sambutannya mengatakan pemerintah dan DPR komitmen bahwa pemilu harus dilaksanakan 5 tahun sekali. Sebab Pemilu memiliki kedudukan strategis untuk mewujudkan sila ke 4 Sebagai legitimasi kepemimpinan nasional. Pemilu juga sebagai ajang untuk memilih pemimpin mulai dari Bupati hingga Presiden.

Selain itu kata Puan, Pemilu juga merupakan ajang kompetisi anak bangsa, bukan pertempuran antar anak bangsa 

Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam keterangannya menyebutkan salah satu ciri demokrasi adalah pemilu yanf dilaksanakan secara reguler dan di Indonesia dilaksanakan 5 tahun sekali dengan azas Luber. Bagian dari azas Pemilu/pilkada adalah arena komplik untuk memilih  pemimpin. 

Kita (Indonesia) kaya Hasyim sangat majemuk tapi kita satu bangsa. Maka Pemilu harus jadi sarana untuk mewujudkan integrasi bangsa. 

Dari hasil pemilu kita akan mengetahui partai mana saja yang memperoleh kursi di DPRD - DPR RI. Dari hasil pemilu pula kita kembali berkompetisi dalam pemilihan bupati/gubernur/presiden. Dan partai akan kembali bekoalisi kembali untuk memenagkan calon yang di usungnya.

Apa yang menjadi pilihan rakyat harus di jaga secara bersama.

Kpu adalah pelayan kedua belah pihak yaitu melayani pemilih dan melayani peserta pemilu kata Hasyi Asy'ari.

Ketua KPU Sekadau Drianus Saban usai mengikuti secara daring menyampaikan pada pukul 20.10 Wib sudah di launching tahapan pemilu 2024. Kami sangat siap untuk meksanakan pemilu 2024. Dalam.waktu dekat kita akan melaksanakan pendaftaran partai peserta pemilu.

Dan penyusunan data pemilih melalui dukcapil. Salah satunya dengan mendorong perekaman KTP elektronik kata Saban.

Penulis.  Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini