|



SPKS dan Tim HCSA Lakukan Identifikasi Hutan Roga Babi Di Mondi

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Tim idensifikasi Spacial HCSA dan Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) bersama tim lokal desa Mondi   melakukan pertemuan pendahulu yang berlangsung di aula kantor desa Mondi pada Senin (1/8) 2022.

Pertemun tersebut membahas rencana untuk melakukan indentifikasi hutan desa yang tersebar di tujuh lokasi dalam desa Mondi kecamatan Sekadau Hulu kabupaten Sekadau.

Setelah melakukan pertemuan pendahulu bersama tokoh masyarakat, tim mulai melakukan identifikasi pada 2 Agustus 2022.

Salah satu hutan yang menjadi target identifikasi adalah Hutan Roga Babi yang terletak antara dusun Mondi, Landas, dan beberapa dusun lainnnya termasuk dusun Sengiang dan desa Sungai Sambang yang memiliki luas sekitar 280 hektare (280 Ha).

Identifikasi meliputi identifikasi Sosial, dan identifikasi spacial.

Identifikasi sosial dilakukan untuk mengetahui sub suku yang secara adat menguasai hutan adat secara turun temurun. Sedangkan identifikasi spacial dilakukan untuk mengatahui titik koordinat tempat keramat, Habitat binatang dilindungi, sumber mata air (mata air) yang menjadi Stok Karbon Tinggi (SKT) dan Nilai Konserpasi Tinggi (NKT) yang berada didalam hutan adat masyarakat.

Mentor dan Penasehat tim indentifikasi SPKS Grant mengatakan, indentifikasi dilakukan untuk mengetahui secara detail kondisi hutan adat yang menjadi penyangga SKT dan NKT yang merupakan paru - paru dunia.



Namun Grant juga merasa kawatir karena keberadaan hutan adat tersebut berada dalam wilayah Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan kelapa sawit PT.Agro Andalan (PT.AAN) yang bisa saja mengarap hutan tersebut untuk di jadikan perkebunan kelapa sawit. Untuk itu Grant berharap masyarakat setempat tidak menyerahkan lahan hutan tersebut kepihak perusahaan dan terus menjaganya dari deporestasi.

Pimpinan PT.Agro Andalan Area Setawar dan sekitarnya Imanuel Tibian menyatakan mendukung dan berkomitmen dalam menjaga hutan

Roga Babi untuk di jadikan areal konservasi.

"Sejak awal PT AAN sudah menetapkan areal tersebut menjadi areal konservasi dan  dilindungi" kata Imanuel Tibian.

melalui pesan singkatnya Selasa (2/8) 2022 malam.

Sebagai imformasi 

Berikut nama hutan di desa Mondi yang dilakukan identifikasi aosial dan spscial

1. Hutan Manggu Kar.

2. Hutan Batu Nunggul.

3. Hutan Roga Babi.

4. Hutan Rampin 

5. Hutan Bandong

6. Hutan Sempiawang dam

7. Hutan Sawak

Penulis.   Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini