|



Curah Hujan Tingi, Selain Waspada Banjir, Awas DBD Menyerang

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com -  Waspada terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Saat musim hujan, Plt Kadinkes PP dan KB kabupaten Sekadau Henry Alpius mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit DBD.

Penyakit demam berdarah disebebkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Selain itu,kita juga perlu menjaga ke bersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan,supaya tidak menyebabkan nyamuk bersarang di genangan air pada kantong plastik/kresek bila terkena hujan kata Henry Alpius Plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Jumat (14/10) 2022.

Saat perubahan cuaca seperti ini lanjut Henry Alpius, sangat berpengaruh dan cenderung meningkatnya penyakit - penyakit seperti, DBD, Diare, dan Muntaber.

"Kepada masyarakat agar lebih waspada serta menjaga kebersihan dan pola hidup sehat  karena faktor penyebab terjadinya penyakit terpengaruh dari cuaca dan lingkungan yang kurang bersih, maka dari itu perlu kita waspada, apa lagi saat ini musim hujan" kata Henry Alpinus.

Untuk mencegah berbagai penyakit, Henry berpesan agar masyarakat selalu menerapkan pola hidup sehat, dengan menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air yang menyebabkan nyamuk bersarang, mengubur barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk, membuang kaleng bekas dan menabur bubuk abate ke dalam setiap genangan air.

Bila demam tak kunjung sembuh segera berobat ke rumah sakit dan cek darah agar di ketahu penyebab nya, supaya cepat di tangani medis katanya, terutama untuk anak-anak di bawah umur 5 tahun. Maka dari itu, kami sangat mengharapkan agar masyarakat dapat  memperhatikan kesehatannya tambahnya.(tim)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini