-->
    |



Kadis Kominfo Sanggau: Cegah Berita Hoax dan Ujaran Kebencian Menjelang Pemilu Serentak 2024

Foto: Kegiatan Cofe Morning Bersama Kadis Kominfo Joni Irwanto S.IP. Ketua KPU Martinus Sumarto. Ketua Bawaslu Alipius SH. Sekretaris Kesbangpol Ade Irwan. Kanit Intel Aipda Adi. Para wartawan

Sanggau.Kapuasrayatoday.com-
Diskominfo Sanggau melaksanakan Coffe Morning Bersama Wartawan Kabupaten Sanggau. Dalam rangka Cegah pangkal Berita Hoax dan ujaran kebencian menjelang pemilu serentak 2024 guna terciptakan situasi-situasi yang kondusif di kabupaten Sanggau. di Lantai 2 Aming Cofe. Jum'at (21/10/2022)

Turut menghadiri Kadis Kominfo Joni Irwanto S.IP. Ketua KPU Martinus Sumarto. Ketua Bawaslu Alipius SH. Sekretaris Kesbangpol Ade Irwan. Kanit Intel Aipda Adi. Para wartawan cetak,TV dan media online. Sebagai Pemandu acara Sugeng Rohadi dari Pontianak Post Sanggau 

Sugeng mengatakan bagaimana cara menanggulangi berita Hoax dan menjaga kondusifitas di bumi Daranante Agar berita Hoaxs tidak terlalu melebar dan meluas kepada empat Narasumber yang hadir.
Tidak semua Hoaxs di lekatkan jurnalis. Tuturnya 

Kadis Kominfo Sanggau Joni Irwanto menjelaskan di Negara kita
Indonesia ini melahirkan berbeda suku
Menjadi sebuah negara yang
Kita ini satu bangsa satu negara.

"Ini harus di pertahankan, negara ini harus berlanjut  terus walaupun berbeda-beda itu tetap satu juga."

Mempertahankan negara ketika negara harus bertahan ketika negara harus perjuangan semua komponen ini harus bergerak secara cerdas sesuai domain masing-masing.

"Ancaman terhadap ideologi komitmen kita sebagai bangsa harus berkembang untuk mengikuti teknologi informasi.

Kita hadapi satu musuh bisa menjadi cerai berai Yaitu Hoaxs. Dengan menumpang dengan kemajuan teknologi. Kita harus cerdas dalam menentukan Hoaxs. Tutur Joni

"Perundangan ITE menjelaskan 
Untuk menyebarkan Hoaxs sebuah ancaman."

Di tempat yang sama Sekretaris Kesbangpol Ade Irwan mengatakan 
Kebangsaan atas ragam, pulau agama,dan suku Kita harus bersatu padu. Telah melaksanakan kegiatan untuk mencerdaskan anak bangsa.

Sosialisasi pemilu dan pilkada di 15 kecamatan. Pemimpin yang integritas
Menjadi masyarakat terpenuhi beberapa aspek ekonomi, pendidikan. Ucapnya

Tawarkan pembayaran kebangsaan kita tunjukkan agar masyarakat setiap daerah desa Kecamatan yang tidak lagi membedakan mengangkat perbedaan menjadi suatu perbedaan menjadi suatu warna yang semakin menguatkan persatuan diantara kita sesama anak bangsa.Pesannya

"Forum komunikasi forum umat beragama juga untuk memperkuat anak bangsa semakin cerdas dan pada akhirnya kondusif bisa menjadi tercapai dan pembangunan bisa dilaksanakan Sejahtera."

Selanjutnya Ketua KPU Sanggau Martinus Sumarto mengatakan terus berkomitmen dalam hal penyelenggaraan pemilu, Sekarang masih tahapan Verifikasi Faktual peserta pemilu, untuk menghadirkan pemimpin di setiap tingkatan pemilu, 
seusai harapan masyarakat.

"Asas penyelenggaraan pemilu ini
harus bisa proses secara  transparasi dalam pelaksanaan berjalan dengan lancar dan sukses." 

Terakhir Ketua Bawaslu Sanggau Alipius.Sh mengatakan bawaslu bertugas menyusun standar tata laksana pengawasan Berita Hoax dalam Bidang Penyelenggaraan Pemilu untuk pengawas Pemilu di setiap tingkatan.

Lanjutnya melakukan pencegahan dan penindakan terhadap Pelanggaran Pemilu dan Sengketa dalam bidang proses Pemilu. Mengawasi persiapan Penyelenggaraan Pemilu, yang terdiri atas Perencanaan dan penetapan jadwal tahapan . Tutur Alipius 

Perencanaan pengadaan logistik oleh KPU Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu dan Pelaksanaan persiapan lainnya dalam Penyelenggaraan Pemilu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Mengawasi setiap pelaksanaan tahapan Penyelenggaraan Pemilu, yang terdiri atas Pemutakhiran data pemilih dan penetapan daftar pemilih sementara serta daftar pemilih tetap."

Penataan dan penetapan daerah pemilihan DPRD kabupaten/kota Penetapan Peserta Pemilu, Pencalonan sampai dengan penetapan Pasangan Calon, calon anggota DPR, calon anggota DPD, dan calon anggota DPRD sesuai dengan ketentuan peraturan berlaku.

Pengawasan Pelaksanaan dan dana kampanye, Pengadaan logistik Pemilu dan pendistribusiannya, dalam bidang
Pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara hasil Pemilu di TPS. Tuturnya (Cep)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini