|



LSM Konservasi Kapuas Apresiasi Petugas Dinas Lingkungan Hidup Sanggau

Foto: Petugas Dinas Kebersihan Sanggau Membersihkan Parit Yang Tersumbat Oleh Sampah

Sanggau.Kapuasrayatoday.com-
LSM Konservasi Kapuas sangat mengapresiasi kerja Dinas Lingkungan hidup, Parit yang tersumbat oleh banyak sampah di sekitar pencucian belakang Pemda Sanggau langsung di bersihkan setelah dapat laporan dari masyarakat. 

Moses sebagai penggiat lingkungan dan pendiri LSM konservasi Kapuas mengatakan Tinggal di lingkungan yang kotor dan kumuh tentu rawan akan berbagai persebaran penyakit. Selain buruk bagi kesehatan masyarakat, lingkungan yang kotor juga tentu tak sedap di pandang mata. Maka sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan hal tersebut Tenaga Kebersihan Lingkungan ( TKL ) di Dinas lingkungan hidup Kabupaten Sanggau yang tidak mengenal waktu dan cuaca dalam menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya terlihat pada Kamis, (6/10/2022) sore

"Tenaga kebersihan melaksanakan kegiatan kebersihan di sekitar areal Parit yang tersumbat, dengan cepat melakukan pembersihan walaupun cuaca hujan."

Tidak hanya membersihkan lingkungan, dalam bidang pengangkutan sampah menghindari banjir karena cuaca yang intensitas hujannya tinggi. Tutur Bung Moses 

Dengan merawat dan menjaga kebersihan lingkungan parit dari sampah untuk menghindari banjir, kami memberikan kenyamanan bagi masyarakat baik yang tinggal maupun yang melintas. Namun tidak hanya tenaga kebersihan, masyarakat juga harus aktif menjaga lingkungan paling tidak disekitar rumahnya dan tidak membuang sampah sembarangan.

Moses menjelaskan bahwa bencana banjir diakibatkan curah hujan ekstrem. Penyebab lain yang mengakibatkan banjir adalah besarnya limpasan air dari daerah hulu, serta berkurangnya tempat penyimpanan air banjir, seperti waduk dan danau. Menanggapi bencana ini, masyarakat diimbau untuk terus meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan dan persoalan lainnya yang menjadi penyebab banjir.

"Kesadaran terhadap lingkungan juga kembali kita ingatkan sebagai masyarakat yang peduli terhadap lingkungan."
Tindakan peduli terhadap lingkungan dapat kita lakukan dengan berbagai hal. Salah satunya adalah dengan mengelola sampah yang baik dan bijak. 

Lanjutnya dengan kesadaran untuk memperhatikan lingkungan, khususnya sampah justru diatur dalam peraturan negara, Peduli akan lingkungan seakan-akan tidak berdasarkan inisiatif sendiri, melainkan karena rasa keterikatan terhadap peraturan negara. 
"Mari kita peduli terhadap masalah sampah”. pesannya 

Sampah merupakan barang atau benda sisa pakai manusia, seperti plastik bekas, sisa makanan dan minuman, barang-barang bekas, dan beberapa sampah lainnya. 

Masalah sampah ini merupakan tanggung jawab kita dan harus dikelola dengan baik dan bijak untuk mengurangi resiko terjadinya kerusakan lingkungan akibat sampah serta mengancam kehidupan makhluk hidup lainnya.

Wujud peduli terhadap lingkungan dapat kita lakukan dengan meminimalkan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang sulit terurai. 

Beberapa sampah sebenarnya dapat bernilai jika dikumpulkan dan bisa dimanfaatkan kembali. Seperti yang dilakukan Bank Sampah, masyarakat bisa menjual sampah yang telah dikumpulkan, seperti kertas, barang berbahan plastik, dan lain-lain.

"Membuang sampah sembarang sama dengan membuang uang sia-sia,” ujar Moses. Selain itu, Moses juga menerangkan, “Sampah organik bisa didaur ulang dan menjadi sesuatu yang bisa dipakai kembali”. 

Caranya adalah dengan menggunakan lubang resapan biopori. Sampah organik yang dimasukkan ke dalam lubang resapan biopori bisa dimanfaatkan untuk budi daya belatung untuk pakan ternak. (Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini