-->
    |



Polres Kapuas Hulu Laksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022

 Kapuas Hulu,Kapuasrayatoday.com - Polres Kapuas Hulu Polda Kalbar melaksanakan peringatan Hari Pahlawan ke-77 tahun 2022 yang diperingati setiap tanggal 10 November, bertempat di halaman Mapolres Kapuas Hulu, Kamis (10/11/2022).


Adapun tema peringatan hari Pahlawan ke-77 tahun 2022 ini adalah “Pahlawanku Teladanku”.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar, SIK, dan Perwira Upacara Kabag SDM, AKP Widiyanto, serta komandan upacara KBO Sat Intelkam, Iptu Didik Rianto.

Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-77 tahun 2022 tersebut diikuti Pejabat Utama (PJU) Polres Kapuas Hulu dan seluruh personel Polres Kapuas Hulu yang terdiri dari 1 Peleton Perwira Polres Kapuas Hulu, 1 Peleton Gabungan staf Polres Kapuas Hulu, 1 Peleton gabungan Sat Reskrim, Sat Intelkam dan Sat Narkoba Polres Kapuas Hulu serta 1 Peleton Polwan dan ASN Polres Kapuas Hulu.

Kegiatan dimulai dengan upacara-upacara yang dilaksanakan, laporan-laporan upacara upacara kepada upacara-upacara kemudian dilanjutkan pengibaran bendera putih, mengheningkan penciptaan yang dipimpin oleh upacara dilanjutkan dengan membaca Teks Pancasila, Kemudian Pembacaan Teks UUD 1945, membacakan Keputusan pesan-pesan, kemudian Amanat Inspektur dilanjutkan dengan membaca do'a.

Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar, S.I.K., selaku inspektur upacara hari pahlawan ke-77 tahun ini membacakan amanat Kemensos RI menyampaikan bahwa hari Pahlawan yang kita peringati setiap tahun adalah untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka, penting kita resapi semangat dan keikhlasan dari para pejuang yang gugur dalam pertempuran.

"Para pejuang percaya bahwa masa depan kita, anak dan cucu kandung Revolusi Indonesia sangat layak untuk diperjuangkan, para pejuang telah berkorban untuk kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan Berkat dan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa," kata Kapolres.

Selanjutnya, Kapolres menyampaikan bahwa hari ini kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan Ancaman dan Tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh. Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan Sumber Daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. 

"Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya," tutur Kapolres.

Kemudian, Kapolres menyampaikan bahwa Peringatan Hari Pahlawan tahun ini mengambil tema "Pahlawanku Teladanku", Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

Jadikanlah semangat dan nilai-nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama, ucap Kapolres.

Disampaikan oleh Kapolres, bahwa Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita dalam mengarungi masa-masa penuh tantangan dan teladan bagi kita untuk menata masa depan dan menjadi pemenang.

"Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022," ucap Kapolres, amanat Kemensos RI yang dibacakan saat menjadi inspektur upacara hari pahlawan ke-77 tahun ini di halaman Mapolres Kapuas Hulu (hms)



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini