-->
    |

Penutupan Diksar Gada Pratama Angkatan Ke–138 Tahun 2022

Foto: Penutupan Diksar Gada Pratama Angkatan ke–138 di Stikes Yarsi Pontianak

Pontianak.Kapuasrayatoday.com- Sebanyak 60 peserta Pelatihan Pendidikan Dasar (Diksar) Satuan Pengamanan (Satpam) Gada Pratama Angkatan ke–138 tahun 2022 dinyatakan lulus dengan hasil yang baik dan siap untuk bertugas. Rabu (21/12/2022)

Diungkapkan oleh Kasubditbin Satpam Polsus Kompol Alfan S.H M.Si Pembinaan Masyarakat (Binmas)  Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat (Kalbar)  mengatakan bahwa profesi satpam merupakan ujung tombak keamaanan yang mana bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mencegah gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Saya berpesan kepada seluruh anggota satuan pengamanan agar dapat terus meningkatkan terus profesionalisme. Terapkan ilmu yang diperoleh selama pelatihan untuk menjadi bekal dilapangan atau ditempat kerjanya masing-masing,” ucapnya dalam menyampaikan sambutan penutupan diksar satpam gada pratama tahun 2022 yang dilaksanakan di Stikes Yarsi.

Diuraikannya lebih lanjut bahwa untuk mengatasi gangguan keamanan maka diperlukan satpam yang memiliki keahlian dan keterampilan yang tidak mudah terprovokasi dan tidak melakukan tindak pidana apapun dan dapat menjauhi sifat arogansi. Serta juga meningkatkan koordinasi yang baik dengan perusahaan atau kantor dimana para peserta bertugas.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh peseta satpam. Selamat bertugas ditempatnya masing-masing. Dan saya nyatakan pelatihan diksar satpam gada pratama angkatan ke 138 tahun 2022 resmi ditutup,” pungkasnya dalam amanat tersebut.

“Semua peserta dinyatakan dengan hasil yang cukup baik. Dan pelatihan dilaksanakan sesuai dengan yang diprogramkan. Dan diharapkan pelatihan ini terus berlanjut." Tuturnya

Kompol Alfan S.H M.si menegaskan setiap  perusahaan yang mengirimkan personilnya untuk mengikuti pelatihan tersebut bahwa setiap securitiy wajib memiliki gada pratama sebagai satuan keamanan di perusahaan.

"Karena satpam saat ini sudah dijadikan profesi, jika tidak mengikuti pelatihan maka satpam tidak bisa melaksanakan tugas Uniform Security,”  Ungkapnya

Kegiatan pendidikan pelatihan satpam ini diikuti sebanyak 60 peserta satpam yang terdiri dari 57 satpam pria dan 3 satpam wanita, kini mereka sudah dapat di kategorikan sebagai satpam dan telah memiliki kualifikasi Gada Pratama resmi berupa Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Ijazah satpam Gada Pratama.

Direktur Binmas Polda Kalbar Kombes. Pol. Andi Harsito, S.I.K. dalam amanatnnya mengucapkan selamat kepada para peserta Diksar Satpam Gada Pratama yang telah lulus dan dilantik serta resmi mendapatkan kualifikasi Gada Pratama.

“Saya berharap usai melaksanakan pendidikan ini, seluruh peserta mampu mengaplikasikan di wilayah tugasnya masing-masing ditempat bekerja." Ujarnya 

Lebih lanjut dikatakan Direktur Binmas Polda Kalbar mengatakan, satpam yang telah mengikuti Diklatsar Gada Pratama berarti telah memiliki kualifikasi dan legalitas dan telah memiliki kewenangan mengemban sebagian tugas kepolisian terbatas.

Usai memberikan amanat dan arahan,  
Kasubditbin Satpam Polsus Kompol Alfan S.H M.Si menutup kegiatan acara tersebut yang disambut dengan tepuk tangan para peserta. (Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini