-->
    |

Deklarasikan ODF, Aron : WC Merupakan Kebutuhan Utama Rumah Tangga


Sekadau,Kapuasrayatoday.com -
Usai Pelantikan PAW kepala desa Nanga Pemubuh oleh Bupati, acara selanjutnya adalah  deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS) desa Nanga Pemubuh, Rabu (25/01/2023) 
Dalam sambutannya 
Kepala desa Nanga Pemubuh Lorensius Leli mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, mulai dari persiapan sampai pelaksanaan deklaraai ODF hari ini.
"Sebagai kepala desa yang baru dilantik, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses deklarasi ODF," ucap Leli.
Sementara itu ditempat yang sama, kepala.dinas Kesehatan PP dan KB kabupaten Sekadau Henry Alpius mengatakan, lingkungan sangat berperan penting untuk mencapai kesehatan.
"Lingkungan yang sehat itu identik dengan tidak buang air besar sembarangan," ucap Henry.
Selain itu kesehatan sanitasi lingkungan berbasis masyarakat (STBM) merupakan pilar utama kesehatan. Semoga dengan telah ODF- nya desa Nanga Pemubuh kiranya dapat memacu desa lain di kecamatan Sekadau hulu, untuk bisa merencanakan ODF.
Selain STBM sambungan Henry indikator desa sehat adalah ibu - ibu hamil yang sehat.pula.
"Target kita kedepan setiap tahunnya tiap kecamatan harus ada 4 desa yang ODF," sebut Henry.
Sementara itu bupati Sekadau Aron SH dalam arahannya mengatakan,saat ini Water Close (WC) merupakan kebutuhan utama dalam rumah tangga, jadi setiap rumah harus memiliki WC agar lingkungan menjadi bersih dan sehat. 
"Jika lingkungan bersih, maka kualitas hidup kita juga menjadi sehat," kata Aron.
Pemkab pada prinsipnya lanjut Aron sangat mendukung, dan kepada desa yang belum ODF supaya mulai membenah diri untuk menuju desa yang siap ODF.
Aron juga meminta  agar dinas terkait supaya membuat target dalam satu tahun berapa desa yang akan ODF.
Tujuannya tentu, supaya kita bisa membuat evaluasi capaian kinerja kita setiap tahunnya.


Terkait ibu hamil harus menjadi prioritas kita bersama, guna mengurangi angka kelahiran yang menyebabkan ibu dan anak meninggal
"Ibu hamil itu harus menjadi prioritas kita bersama agar tidak ada lagi ibu dan bayi meninggal saat melahirkan,"pintanya.
Sedangkan untuk ibu hamil agar di lakukan USG sebanyak dua kali selama kehamilannya dan di buatkan grafik pemeriksaannya. Agar bisa terdeteksi jika ada gangguan kehamilan.
Selain program.ibu hamil, kita juga ada
program operasi katarak gratis untuk lansia. Caranya, laporkan kepada kades, kemudahan selanjutnya kades yang akan memberikan data ke dinas kesehatan kabupaten untuk mempermudah pendataan
"Selain itu pemerintah daerah kabupaten Sekadau akan mengadakan program operasi katarak secara gratis," kata Aron.

Usai memberikan sambutannya, bupati didampingi kepala dinas Kesehatan PP dan KB Henry Alpius, Kadis PMD Sabas S.IP, wakil ketua DPRD kabupaten Sekadau Handi, anggota DPRD Hasan SE, dan Y.Sabas melakukan pembukaan papan nama Deklarasi ODF dilanjutkan dengan penanda tanganan prasati desa ODF dan baliho kesepakatan bersama ODF.(darno)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini