|



Buka RAT CU Lawang Kuari Mandiri, Kadis Koperasi : Ciri Koperasi Yang Sehat Adalah RAT

 


Sekadau-Kapuasrayatoday.com - 

Kepala dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan kabupaten Sekadau Emanuel menghadiri dan.membuka kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSP CU Lawang Kuari Mandiri yang berlangsung di.gedung Ketaketik Sabtu (11/2) 2023.

Emanuel mengatakan, RAT adalah amanat Undang-undang no 25 tahun 1992 tentang koperasi karena RAT merupakan pertemuan semua anggota koperasi setiap tahunnya.

Karena dalam RAT itu ketua maupun pengurus koperasi akan memaparkan perkembangan dan kemajuan Koprasi selama setahun serta jumlah aset yang ada, begitu juga dengan perolehan laba.

“Semuanya di sampaikan dalam RAT serta kendala apa saja, ini perintah UU. Koperasi yang sehat harus melaksanakan RAT katanya, Sabtu (11/02/2023) di gedung Kateketik Sekadau.

Dia menbahkan, jumlah koperasi yang ada di kabupaten Sekadau sekitar 192 Koprasi, dan dari jumlah itu hanya ada 152 koperasi saja yang masih aktif, sedangkan sisanya sudah tidak aktif lagi karena tidak pernah melaksanakan RAT sambung Emanuel.

Karena lanjut dia, ketentuan dari aktif atau tidaknya koperasi terlihat dari pelaksanaan RAT atau tidaknya koperasi tersebut setiap tahunnya. Jika sudah tidak lagi melaksanakan RAT maka dapat dipastikan bahwa Koperasi tersebut sudah tidak aktif lagi.

"Karena ciri-ciri Koprasi yang masih aktif, yakni melaksanakan RAT dan menyampaikan laporan kepada dinas setiap tahunnya atau 6 bulan sekali," kata Emanuel.

Ketua panitia RAT CU LKM Bernadus Mohtar mengatakan, RAT ini adalah yang pertama dalam sejarah CU LKM karena CU LKM memang baru berumur setahun kata Mohtar, dan RAT i i dihadiri sebanyak 65 orang perwakilan anggota termasuk pengurus.

Mohtar menceritakan, ide pertama berdirinya CU LKM adalah dari anggota Kopbun mitra kerja SPKS tutur Mohtar.

Ditempat yang sama ketua pengurus CU LKM Aloysius Ama Kii menyampaikan bahwa, CU LKM berdiri sejak 3 Mei 2021. Dan memulai pelayanan mengunakan program Galaxi Media adalah sejak 3 Mei 2022 terang Aloysius.

RAT tahun buku 2022 CU LKM mengambil tema 'Mewujudkan s

stabilitas Tata Lelola dan Penjaringan Anggota Untuk Keberlangsungan CU Lawang Kuari Mandiri". Ini merupakan langkah awal untuk menunjukan bahwa CU Lawang Kuari Mandiri merupakan CU sehat sambung Aloysius Ama Kii.

Dihadapan seluruh anggota yang hadir ia berpesan agar usaha ini harus berjalan secara terus menerus, semangat minjam semangat mengembalikan.pesan Aloysius.

"Kita semua yang berada di sini harus menjadi anggota yang setia, aktif untuk bersama-sama.kita mengembangkan CU kita ini," ajak Aloy.

Usaha ini harus berjalan terus semangat untuk minjam semangat juga untuk  mengembalikan pinjaman. Harus menjadi anggota yang setia, aktif untuk mengembangkan CU harapnya.

Sebagai penunjang agar semua pengurus dan Anggota betul-betul memahami CU, maka ia meminta agar pemerintah daerah melalui instansi terkait harus sering mengelar pelatihan, tujuannya tentu agar para pengurus CU betul-betul memahami menejemen Koprasi yang baik dan sehat.

"Dalam prakteknya CU Lawang Kuari Mandiri mengemban tiga pilar yakni

pendidikan, swadaya dan solidaritas," cetusnya.

Hadir pada acara RAT tersebut, wakil ketua DPRD Handi, SE, Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau Pastor Kristianus ,CP Sekcam Sekadau hilir Yustinus, Mulyadi Alip, Yodi Setiawan, Kabid Koprasi Andra, serta para pengurus dan perwakilan anggota CU Lawan Kuari Mandiri.(darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini