|



PT.AAN Sosialisasikan Program Mitra Mandiri

Foto saat sosialisasi di dusun sungai
 Durian desa Nanga Menterap kecamatan Sekadau Hulu
Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT.Agro Andalan (PT.AA) yang beroperasi di beberapa desa di kecamatan Sekadau hulu terus berupaya untuk meningkatkan kemitraan antara perusahaan dengan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan pimpinan PT.AAN  bidang CSR wilayah desa Setawar Marsel dan Winesius Geger pada Kamis (16/2) 2023 di Sekadau.

Dia mengatakan, saat ini PT.Agro Andalan memiliki progran mitra yang disebut Mitra Mandiri. 

Program tersebut ditujukan kepada masyarakat yang ingin memiliki kebun kelapa sawit mandiri tapi tidak memiliki modal untuk pembelian bibit, pupuk, serta infrastruktur jalan.

Sementara untuk perawatan kebun bagi petani yang ingin.merawat sendiri boleh, namun jika petani tidak mampu merawat kebunnya pihak perusahaan siap.merawatnya sampai berhasil.

Hal tersebut sudah mulai dilakukan di dusun Sungai Durian desa Nanga Menterap kecamatan Sekadau hulu pada Rabu 15 Februari 2023 malam dan mendapat respon positif dari  warga setempat kata Marsel. Program tersebut hanya berlaku untuk masyarakat yang berada di wilayah kerja PT.AAN ujar Marsel.

Untuk mengikuti program tererbut lanjut Marsel lagi, masyarakat diminta untuk menyiapkan lahan berikut legalitasnya seperti surat keterangan tanah (SKT) atau sejenisnya serta patok batas.

Legalitas lahan tersebut diperlukan untuk menghindari sengketa lahan serta untuk keperluan perjanjian antar pihak perusahaan dengan pemilik lahan.

Setelah semuanya siap, mayarakat pemilik lahan yang ingin dimitrakan membentuk kelompok tani atau sejenisnya dengan legalitas lengkap.

Kemudian kedua belah pihak membuat kesepakatan bersama dengan melibatkan pihak desa serta dinas terkait.

Pihak perusahaan kata Marsel siap menyediakan bibit kelapa sawit unggul, pupuk, infrastruktur jalan serta perawatan kebun  jika petani tidak mampu merawat kebunnya.

Mengenai pemotongan biaya pembangunan kebun, mulai dari pembukaan lahan, pembuatan jalan , pengadaan bibit, pengadaan pupuk ataupun perawatan kebun akan dibuat kesepakan bersama dengan melibatkan pihak desa maupun dinas terkait jelas Marsel.

Kesepakan tersebut akan dibuat sesuai dengan kondisi yang ada, dan tidak di samaratakan.

Program ini juga selaras dengan program pemerintah daerah.kabupaten Sekadau IP3K (Imfrastruktur, Pertanian, Pekebunan, Perikanan untuk keaejahteraan masyarakat pungkas Marael. (Darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini