|



Maria Goreti Kembali Mencalonkan Diri Sebagai Anggota DPD RI Dapil Kalbar

 

Maria Goreti Anggota DPD RI Dapil Kalbar

Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Salah satu dari empat anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang mewakili Kalimantan Barat di Senayan adalah Maria Goreti.

Pada pemilu serentak 2024, Maria Goreti kembali mencalonkan diri sebagai calon calon (Balon) DPD RI untuk dapil Kalbar.

Untuk memenuhi persyaratan sebagai calon calon DPD, Maria Goreti telah menyerahkan syarat dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat pada 16 Desember 2022 lalu didampingi Liaison Officer (LO) dan para pendukung lainnya.

Penyerahan berkas dukungannya diterima langsung oleh beberapa Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Barat beserta jajarannya. 

“Puji Tuhan, saya sudah menyerahkan syarat dukungan sebagai calon anggota DPD pada pemilu serentak 2024. Semoga pada prosesnya saya bisa mengikuti pemilihan wakil daerah (DPD) untuk periode selanjutnya” kata Maria Goreti Minggu (12/3) 2023.

Adapun syarat dukungan E-KTP perorangan yang diserahkan berjumlah 5.000 yang tersebar di 13 kabupaten/kota di Kalbar. Hal ini sudah sesuai dengan PKPU nomor 10 tahun 2022 tentang proses pendaftaran calon perseorangan (DPD) pada pemilu 2024 ujar Maria Goreti.

Maria (Pangilan untuk Maria Goreti) mengucapkan terimakasih kepada seluruh Komisioner KPU Kalbar beserta staf dan jajarannya, sesuai mottonya "Sebagai penyelenggara Pemilu melayani dengan sepenuh hati" ungkap Maria.

Maria juga berharap pada pelaksanaanya pemilu 2024 bisa berjalan jujur, adil, bebas dan rahasia serta transparan sehingga tidak ada lagi ditemukannya pelanggaran.

Sebagai anggota DPD, Maria Goreti sudah sangat berpengalaman, ia merupakan anggota DPD RI 4 periode berturut. Yaitu 2004-2009, 2009-2014, 2014 - 2019, dan 2019-2024.

Sejak pemilu dilaksanakan secara terbuka dan pemilihan secara langsung, Maria Goreti merupakan satu - satunya anggota DPD RI dapil Kalbar yang masih mengabdi hingga saat ini. 

Maria Goreti termotivasi mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI karena dirinya menilai, sebagai anggota DPD RI rekatif tidak menimbulkan sekat - sekat di karena karakternya yang lintas Parpol.

DPD selanjutnya, lahir untuk memenuhi aspirasi daerah untuk menentukan arah kebijakan nasional dan tugas legislasinya adalah sebagai fungsi pengawasan yang bersifat kolektif kolegial.

Sejak 2019 hingga sekarang, Maria Goreti tergabung dengan komite 1 yang ruang lingkup tugasnya antara bidang lain Otonomi daerah, hubungan antara pusat dan daerah serta pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah diselesaikan.

(Darno).

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini