|



Komunitas Tawak Borneo : Gelar Lensa Budaya Pelosok Negeri Tahun 2023

 

Komunitas Tawak Borneo bersama IPDM di rumah Panyai Desa Sungai Antu kecamatan Belitang Hulu kabupaten Sekadau 

Sekadau,Kapuasrayatoday.com -  

Komunitas Tawak Borneo kabupaten Sekadau mengadakan acara Bakti sosial budaya pelosok negeri di rumah Panyai Sungai Antu yang berlangsung pada 21-23 April 2023.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan membersihkan lingkungan sekitar rumah Panyai. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan mendengan cerita tentang rumah Panyai serta pertujukan budaya masyarakat sub suku dayak Mualang dan pemutaran film dokumenter.

Tujuan kegiatan lensa budaya adalah untuk melestarikan budaya serta memperkenalkan rumah Panyai kepada generasi muda.

Sasaran kegiatan adalah kaum muda dan masyarakat pada umumnya kata Vero Aprlonius selaku Owner Tawak Borneo kepada redaksi Kapuasrayatoday.com Selasa (25/4) 2023.

Dia berharap melalui kegiatan Lensa budaya generasi muda khususnya merasa peduli dengan budaya situs.

Vero menambahkan, kondisi rumah Panyai saat ini cukup memprihatinkan, selain lantainya yang sudah lapuk, bagian atapnya juga sudah banyak yang bocor karena termakan usia.

Dia pun berharap pemerintah daerah memalui insatnsi terkait dapat membuat kebijakan untuk merenovasi bangunan tersebut sesuai dengan kondisi aslinya.

Kegiatan Lensa Budaya ini di inisiasi oleh Bujang dan dara Gawai Dayak kabupaten Sekadauntahun 2022 yaitu Stefanus Sandy dan Priska Erlanda dengan melibatkan Ikatan Pemuda Dayak Mualang (IPDM) dan Komunitas Tawak Borneo.

Sumber : Komunitas Tawak.Borneo kabupaten Sekadau (Pengiat Budaya)

Editor.    : Sudarno


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini