|



KUD SM Desa Engkersik, Laksanakan RAT TB 2022

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Koperasi unit desa Sido Makmur desa Engkersik mengelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2022 yang berlangsung di halaman kantor KUD Sido Makmur dusun Engkersik II desa Engkersik Sabtu (29/4) 2023.

Rapat anggota tahunan (RAT) KUD Sido Makmur dibuka langsung oleh desa Engkersik Sukiryanto.

Dalam arahnya, kades mengapresiasi pengurus KUD Sido Makmur yang telah melaksanakan 

RAT tahun buku 2022 dan berlqngsung sukses.

Kades juga berharap semua KUD yang ada di desa Engkersik dapat melakukan RAT. Sebab lanjut kades, selain menhalankan amanat undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkooerasian, RAT juga bertujuan untuk melaporkan laporan per tanggung jawab pengurus selama satu tahun 

Kades juga menyampaikan selama ini penyampaian masih sering mendengar impormasi pencurian buah sawit, namun belum ada yang melapor secara resmi ke desa. Untuk itu kades meminta kepada kelompok tani Hamparan (KTH) jika ada kejadian pen curian buah sawit segera sampaikan ke desa, dan akan kita tindak lanjuti bersama Babhinkamtibmas maupun Babinsa ucap kades.

Setelah memberikan arahannya, kades secara resmi membuka RAT KUD Sido Makmur.

Setelah secara resmi di buka oleh kades, ketua KUD Sido Makmur Bernadus Mohtar memulai dengan menyampaikan laporan pertanggungjawaban keuangan selama tahun 2022.



Usai dibacakan, peserta RAT yang telah membagikan salinan laporan per tanggung jawab dipersilakan memberikan tanggapan, kritikan ataupun koreksinya kepada pengurus dan pengawas.

Setelah sesi jawab tanya selesai, pengurus dan pengawas yang pada kesempatan RAT ini masa kerjanya sudah selesai, sesuai AD/ART KUD langsung menyerahkan kepada peserta RAT untuk melakukan pemilihan pengurus baru. 


Proses pemilihan pengurus baru ;


Peserta RAT yang hadir menunjuk saudara Kansin untuk mengambil alih pimpinan sidang.

Saat memimpin sidang, Kansin mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta RAT. “Sesuai AD/ART KUD kita, saat ini masa kepengurusan pengurus KUD Sido Makmur sudah berakhir. 

Maka pada hari ini, pada kesempatan ini apakah kita bermasalah pengurus yang ada kita ganti tanya Kansin, Tidak !! Jawab peserta. Lalu untuk memperbaiki perbaikan pengurus bagaimana tanya Kansin lagi, pengurus yang lama kita angkat atau kita tunjuk kembali jawab peserta dengan kompak.

Mendengar jawaban tersebut, dihadapan peserta RAT Kansin langsung membuat berita acara pemilihan pengurus dan pengawas baru.

Kegiatan tersebut dihadiri kades Engkersik, perwakilan dari PT.MPE, Babinsa desa Engkersik, Bhabinkamtibmas desa Engkersik, kabid koperasi dari dinas Kopersai,Perdagangan san UMKM, perwakikan dari bidang Perkebunan  dinas DKP3 Kabupaten Sekadau, para ketua kelompok tani hamparan dan anggota KUD Sido Makmur.(darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini