-->
    |

Bupati Sekadau Lakukan Panen Raya Padi Cakra Buana Super Genjah Kelompok Tani Bendung Permai

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sekadau Aron SH melakukan panen perdana padi Cakra Buana Agritan Super Genjah kelompok tani Bendung Permai desa Semabi kecamatan Sekadau Hilir pada Kamis (25/5) 2023.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan kegiatan launching peningkatan jalan Semabi Tapang Jaya yang dilaksanakan melalui kegiatan TTMD ke 116 Dandim 1204 Sanggau-Sekadau. 

Kegiatan tersebut dibahas oleh Dandim 1204 Sanggau Sekadau Kolonel Inf. Bayu Yudha P., Kapolres Sekadau AKBP.Suyono, Kadis DKP3 kabupaten Sekadau Sandae, Kadis PUPR kabupaten Sekadau Hery Handoko, Plt.Camat Sekadau Hilir Zulkifli, kades Semabi Muslinus dan pada anggota kelompok tani Bendung Permai desa Semabi.

Kades Semabi Muslinus dalam lapornya menyebutkan desa Semabi memiliki 17 Kelompok tani yang telah terdaftar di Simluh. Kelompok tersebut semuanya bergerak dibidang tanaman pangan terutama padi kata kades.

Kades menambahkan, saat ini desa Semabi membutuhkan peningkatan infrastruktur jalan, dan pasilitas kesehatan berupa mobil Ambulan.

Ditempat yang sama Kadis DKP3 kabupaten Sekadau Sandae dalam laporannya menyebutkan, desa Semabi dengan 17 kelompok tani yang terdaftar di Simluh memiliki peran yang sangat besar dalam peningkatan produktivitas pangan dengan mengunakan benih ungul dengan menanam padi Genjah.

Padi Genjah lanjut Sandae, adalah padi dengan umur siap panen antara 75-80 hari setelah tanam.

Selain berumur pendek, padi jenis ini juga tahan terhadap hama penyakit dan tanah asam.

Dengan program IP3K kedepan kita akan memfokuskan motovasi peningkatan produksi dan penangkaran benih unggul untuk mewujudkan Semabi sebagai sentra lumbung pangan kabupaten Sekadau dengan ditingkatkan menjadi IP4.

Saat panen raya hari ini Sandae menyebutkan berdasarkan denplot per hektare menghasilkan gabah kering sejumlah 5.76 ton.

Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf.Bayu Yudha P menyampaikan, saat ini kita akan melakukan peningkatkan jalan desa dari dusun Semabi menuju dusun Tapang Jaya dengan panjanng kurang lebih 4.4 km melalui TTMD tahun 2023 ucap Dandim.

Kapolres Sekadau AKBP Suyono dalam sambutan singkatnya mengatakan pihaknya siap bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan. Hal tersebut sering kita lakukan melalui jumat curhat. "Kita selalu menyerap aspirasi dari masyarakat melalui kegiatan Jumat curhat" kata Kapolres.

Bupati Sekadau Aron SH menyambut baik kerjasama antara masyarakat dengan Pemkab, ini merupakan salah satu fokus pemkab Sekadau yang Selaras dengan program ungulan yaitu IP3K. Mudahan -mudahan,  kedepan program seperti ini masih berlanjut ujar Aron. 

Aron juga berpesan jika ada kendala  supaya disampaikan ke pemkab melalui dinas tekhnis untuk di carikan  solusinya.

Aron menbahkan,untuk jalan dari desa seberang kapuas ke Semabi saya sengaja.membawa kadis PUPR supaya dia bisa melihan kondisi jalannya untuk  bisa dibuatkan perencanaannya ucap Aron.

Untuk Bidang pekerbunan tahun ini Pemkab Sekadau kita akan membagikan bibit sawit ungul sebanyak.kurang lebih 63 ribu bibit kepada kelompok tani yang telah mengajukan proposal dan dinyatakan memenuhi persyarat.

Kami.mohon kerjasama yang baik agar kedepan pembangunan yang lita inginkan bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, Aron juga berpesan kepada para orang tua,  jangan sampai ada anak - anak  yang putus sekolah. Karena jaman sekarang semuanya berdasarkan kompetisi individu atau intlektua. Kami dipilih menjadi bupati adalah untuk memperjuangkan kebutuhan masyarakat pungkas Aron. (Darno) 

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini