|



Kapolda Kalbar Hadiri Puncak Penanaman Mangrove Nasional Serentak Jajaran TNI di Taman Cinta Mangrove Park

 


Mempawah,Kapuasrayatoday.com - Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Pipit Rismanto, SIK, MH, menghadiri Puncak Penanaman Mangrove Nasional secara serentak melalui sarana Video Conference (Vicon) yang dilaksanakan di Taman Cinta Mangrove Park, Desa Sungai Bakau Besar Laut, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Senin (15/5).

Acara ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dengan tema “Mangrove For Better Life”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, Danlanud Supadio Marsekal Pertama TNI Prasetya Halim, Ketua BPBD Provinsi Kalbar Ansfridus J. Anjoe yang mewakili Gubernur Kalbar serta Stakeholder terkait.

Tanaman Mangrove memiliki aneka manfaat dan memiliki peran yang sangat krusial bagi keberlanjutan lingkungan.

Selain menstabilkan garis pantai, sistem akar Mangrove membuat hutan ini menarik bagi ikan dan organisme lain untuk mencari makan dan berkembang biak, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penanaman mangrove ini melainkan upaya bersama menjaga kelestarian lingkungan, sebagai bentuk tanggung jawab bersama untuk bertekad menjaga kelestarian daerah pantai dan kelestarian lingkungan, yang cukup signifikan untuk menjaga sepanjang pesisir pantai Kabupaten Mempawah ini supaya terhindar dari bahaya banjir rob, abrasi dan pasang surut air laut.

Bahwa kegiatan penanaman pohon mangrove ini diharapkan tetap dilakukan terus menerus untuk melestarikan lingkungan hidup khususnya disekitar pantai, dikarenakan banyaknya makhluk hidup yang membutuhkan pohon mangrove ini.

Melalui momen ini kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama bertekad menjaga lingkungan kita dengan melaksanakan penanaman mangrove, dengan harapan mampu memberi sedikit perlindungan bagi daerah pesisir pantai dari gerusan ombak yang dapat menyebabkan berkurangnya daerah pantai.

Selain itu, Kapolda Kalbar juga memberikan bantuan sosial dan tali asih kepada masyarakat sekitar pesisir pantai.(hms)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini