-->
    |

Polres Kapuas Hulu Gelar Tapka Di Kecamatan Kalis, Ini Tujuannya

 


Putussibau,Kapuasrayatoday.com  - Kapolres Kapuas Hulu yang diwakili oleh Kasat Binmas Iptu Cahya Purnawan menggelar tatap muka (Tapka) dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda serta perangkat Desa di Kecamatan Kalis, Selasa (23/5/2023).

Kegiatan Tapka tersebut yang dilaksanakan di Aula Gedung SD Negeri 1 Nanga Kalis, Desa Nanga Kalis Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu, dengan tema "Merajut Sinergitas Polri dan Masyarakat dalam rangka Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Guna Menyongsong Pemilu 2024 Yang Aman dan Kondusif" dihadiri oleh Camat Kalis Syafril Ansari, S.H., M.M, Kapolsek Kalis Ipda Egidius Egi, S.H., beserta Anggota, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kalis Jumiardi, S.Ag, Koordik Kecamatan Kalis Nur Aqli, S.Pd., tiga Kepala Desa diwilayah Kecamatan Kalis beserta perangkatnya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Camat Kalis Syafril Ansari, S.H., M.M., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Kapolres Kapuas Hulu yang di wakili oleh Kasat Binmas yang telah hadir dihadapan kita dalam rangka kegiatan tatap muka.

"Kita hari ini mendapatkan ilmu dan pencerahan terkait kamtibmas, karena keamanan ini bukan hanya tugas Polri saja melainkan tugas kita bersama," kata Camat Kalis.

Selanjutnya, Camat Kalis mengajak kepada para peserta untuk mengikuti beberapa perhatian yang akan disampaikan nantinya dengan baik dan dapat dipahami.

"Kepada yang hadir agar menyampaikan kepada keluarga atau masyarakat bagaimana menjaga keamanan di lingkungannya, apalagi sebentar lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi pemilu serentak tahun 2024, pentingnya menjaga dan mewujudkan kamtibmas ditengah kehidupan masyarakat," ajak Camat Kalis.

Kemudian, Camat Kalis menyampaikan bahwa dalam menghadapi pemilu tentunya banyak hal atau isu yang tidak baik berkembang, maka peran kita bersama membantu Polri dalam menjaga kamtibmas dengan bijak memanfaatkan media sosial dan bijak menanggapi isu-isu yang berkembang.

"Harapan kami jangan sampai kita berurusan dengan hukum karena tidak mengetahui aturan hukum dan tidak saling koordinasi dengan petugas terkait hal-hal diluar kewajaran. Kita semua di Kecamatan Kalis adalah keluarga besar, maka lebih baik saling komunikasi, musyawarah dan kerjasama menjaga kamtibmas yang aman dan kondusif di Kecamatan Kalis," ujar Camat Kalis Syafril Ansari menutup sambutannya.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Kapuas Hulu Iptu Cahya Purnawan yang mewakili Kapolres mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu semuanya telah bersedia hadir dalam kegiatan Tatap Muka Polres Kapuas Hulu, yang dalam kegiatan ini saya selaku Kasat Binmas beserta Tim diperintahkan Kapolres untuk mewakili beliau pada kesempatan yang baik ini.

Selanjutnya, Iptu Cahya menyampaikan bahwa hadir dihadapan bapak/ibu dalam kegiatan tatap muka, selain itu kami perlu masukan dan kerjasama Bapak/ibu bagaimana situasi kamtibmas baik menjelang dan setelah pemilu nantinya dapat aman dan kondusif.

"Kegiatan kami hari ini memberikan edukasi, himbauan dan sosialisasi kepada Bapak/ ibu yang hadir mewakili seluruh warga Kecamatan Kalis tentang memelihara kamtibmas dalam kehidupan sehari-hari terlebih lagi dalam menghadapi pemilu tahun 2024," kata Iptu Cahya.

Kemudian, Iptu Cahya menyampaikan bahwa dalam penggunaan media sosial saat ini hampir seluruh masyarakat menggunakan HP Android, didalamnya ada media sosial platform Instagram, Facebook Twitter dan Tik Tok, dampak positif dan negatif tentunya ada namun jika tidak bijak dalam menggunakan nya dapat melanggar aturan yang berlaku.

"Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaannya, agar bapak/ ibu yang hadir disini untuk mengawasi keluarga dan anak-anak dalam menggunakan medsos jangan sampai bertentangan dengan UU ITE, apalagi terjadi dalam pemilu tahun 2024 nanti, medsos tersebut digunakan sebagai propaganda sehingga menimbulkan perselisihan yang berujung kepada Konflik karena beda pilihan dan dukungan," ujar Iptu Cahya.

Terakhir, Iptu Cahya mengajak kepada bapak/ibu yang hadir dalam kegiatan ini untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan tempat tinggalnya. 

"Polri tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa ada bantuan dan kerjasama Bapak/ibu serta warga kecamatan kalis khususnya, dalam menjaga kamtibmas," ujar Kasat Binmas Iptu Cahya Purnawan mengakhiri sambutannya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi Peraturan Lalu Lintas oleh Aipda M.M. Masarang Ps. Kanit Bintibmas Sat Binmas Polres Kapuas Hulu dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Sarana Kontak berupa Kitab Suci Al-Quran kepada 5 (lima) orang perwakilan pengurus Masjid dan Kitab Injil kepada 3 (tiga) orang perwakilan Pengurus Gereja Kecamatan Kalis yang diserahkan oleh Kasat Binmas Polres Kapuas Hulu didampingi Kapolsek dan Camat Kalis.(hms)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini