|



Sat Binmas Polres Kapuas Hulu Gelar Tapka Di Rumah Betang Toa Silangi, Ini Sarana Kontak Yang Diserahkan


 Putussibau,Kapuasrayatoday.com  - 

Sat Binmas Polres Kapuas Hulu Polda Kalbar gencar menggelar kegiatan tatap muka (Tapka) dengan sejumlah tokoh masyarakat.

Seperti pada hari Kamis tanggal 25 Mei 2023 bertempat di rumah Betang Toa Silangi Desa Sibau Hilir Kecamatan Putussibau Utara Kab. Kapuas Hulu, Telah dilaksanakan Tatap Muka Polres Kapuas Hulu, yang mengambil tema "Merajut Sinergitas Polri dan Masyarakat dalam rangka Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Guna Menyongsong Pemilu 2024 Yang Aman dan Kondusif".

Kegiatan tatap muka tersebut dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Kapuas Hulu Iptu Cahya Purnawan beserta anggota, Kades Sibau Hilir Antonius Marno beserta aparatur desa, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Putussibau Utara Bripka I Gede Suteja dan Bripda Rahmad Hanafi, Babinsa Sibau Hilir Kopda Andi Hidayah, dan tomas, toga, todat serta toda Desa Sibau Hilir.

Acara diawali dengan pembacaan do'a oleh Pdt. Andrianto, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kades Sibau Hilir. Kata sambutan dari Kasat Binmas Polres Kapuas Hulu Iptu Cahya Purnawan, dilanjutkan dengan Sosialisasi Peraturan Lalu Lintas yang Sampaikan Aipda Martinus, M.M, kemudian sesi tanya jawab/penyampaian perwakilan dari masyarakat dan.penyerahan sarana kontak.

Kades Sibau Hilir Antonius Marno dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan bapak Kasat Binmas berserta anggota di desa kami.

Selanjutnya, Kades Sibau Hilir menyampaikan bahwa sesuai dengan tema kegiatan tatap muka (Tapka) yaitu "Merajut Sinergitas Polri dan Masyarakat dalam rangka Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Guna Menyongsong Pemilu 2024 Yang Aman dan Kondusif". 

"Untuk itu kami berpesan kepada warga masyarakat yang hadir agar menyampaikan kepada keluarga atau masyarakat bagaimana menjaga keamanan di lingkungannya," kata Kades Sibau Hilir Antonius Marno.

"Sekali lagi saya selaku Kades Sibau Hilir mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian menangkap pelaku pencurian diwilayahnya," kata Antonius Marno.

Kasat Binmas Iptu Cahya Purnawan yang mewakili Kapolres Kapuas Hulu dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu semuanya telah bersedia hadir dalam kegiatan Tatap Muka Polres Kapuas Hulu.

"Permohonan maaf dari Bapak Kapolres dan Waka Polres tidak bisa hadir bersama kita hari ini karena masih ada tugas lain di Pontianak," kata Iptu Cahya.

Selanjutnya, Iptu Cahya mengatakan bahwa dalam kesempatan ini saya selaku Kasat Binmas beserta tim diperintahkan Kapolres untuk mewakili beliau menyampaikan bahwa terkait sinergitas Polri dan Masyarakat dalam menghadapi pemilu tahun 2024.

"Dalam menghadapi setiap permasalahan pentingnya kita saling koordinasi dan komunikasi. Di setiap Desa sudah kami tugaskan Bhabinkamtibmas, mereka yang bertugas langsung bertemu dengan masyarakat, membina dan melayani setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat," kata Iptu Cahya.

"Begitu juga dalam pemilu tahun 2024 nantinya selalu koordinasi antar petugas panwaslu dan bhabinkamtibmas serta babinsa dalam memelihara kamtibmas," ujar Kasat Binmas Iptu Cahya.

Kemudian, Iptu Cahya menyampaikan bahwa sekarang ini mulai dari anak kecil sampai orang tua sudah menggunakan HP Android, didalamnya ada aplikasi medsos Instagram dan Tik Tok, banyak sumber berita yang termuat di aplikasi tersebut ada berita yang positif dan negatif. Yang menjadi masalahnya adalah terkait berita atau isu yang tidak benar (hoaks). 

"Maka sebagai orang tua perlu di awasi anak-anak kita dalam menggunakan medsos, gunakan medsos dengan bijak jangan sampai melanggar aturan yang berujung pidana," ujar Iptu Cahya.

Selanjutnya, Iptu Cahya menyampaikan bahwa ke depan untuk wilayah Dusun atau RT yang ada poskamling nya segera di aktifkan kembali dalam menjaga Kamtibmas di lingkungan. Beberapa kasus pencurian maupun kriminalitas lainnya yang terjadi dan pelakunya bisa tertangkap merupakan peran serta kita bersama, berkat dukungan dan kerjasama dari warga/masyarakat dan petugas Polri dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas.

Kemudian kegiatan tatap muka tersebut dilanjutkan dengan Sosialisasi Peraturan Lalu Lintas yang Sampaikan Aipda Martinus, M.M,. Dilanjutkan dengan penyerahan sarana kontak berupa 3 (tiga) buah kitab Suci Al-Quran dan 3 (tiga) buah Kitab Suci Injil kepada perwakilan 6 (enam) orang perwakilan tokoh agama, tujuannya untuk menciptakan generasi yang berakhlak dan taat beribadat kepada Tuhan yang Maha Kuasa, sehingga terwujudnya generasi yang taat terhadap aturan hukum yang berlaku secara Agama dan hukum yang berlaku secara umum.

(Humas Res KH/red)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini