|



Kunjungi Lapas Banjarbaru, Dirwatkeshab Ditjen PAS Tinjau Klinik Pratama dan Dapur Laik Hygiene

 


Banjarbaru, Kapuasrayatoday.com - Lapas Kelas IIB Banjarbaru menerima kunjungan Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi (Dirwatkeshab) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), Elly Yuzar bersama tim, Rabu (7/6/2023).
Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Kalapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang beserta jajaran Pejabat Struktural.

Tidak hanya itu, Kunjungan Dirwatkeshab turut disambut dengan persembahan ikrar rehabilitasi, doa penyelesaian, serta yel-yel oleh 180 orang peserta Rehabilitasi Sosial dan 20 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengikuti Pembinaan Kepramukaan Lapas Banjarbaru.

Kepada peserta rehabilitasi, Elly Yuzar berharap agar dapat benar-benar pulih dari ketergantungan narkoba. Ia juga meminta, setelah menjalani masa rehabilitasi dapat menjadi kader anti narkoba yang dapat mengajak warga binaan yang lain untuk bersih dari narkoba.

"kuatkan hati dan bulatkan tekad untuk tidak pernah berulang kembali dan yakinkan diri seperti Ikrar yang kalian ucapkan dan siap kembali ke masyarakat, keluarga dengan pribadi yang lebih baik," ujarnya.

Kemudian, Dirwatkeshab melakukan perbaikan terhadap fasilitas pelayanan kesehatan di Klinik Pratama Lapas Banjarbaru, seperti ruang obat, ruang perawatan gigi dan mulut, ruang rawat inap, hingga ruang isolasi. Ia juga mengapresiasi Klinik Pratama Lapas Banjarbaru yang telah memperoleh izin operasional.

Elly Yuzar mengingatkan agar selalu memperhatikan kesehatan warga binaan dengan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. "lakukan skrining kesehatan bagi tahanan baru, guna mengetahui kondisi kesehatan dan mendeteksi sedini mungkin adanya tanda-tanda penyakit menular dan riwayat penyakit sebelumnya," tegasnya.

Dirwatkeshab juga meninjau kegiatan pengolahan dan penyajian makanan bagi warga binaan pada Dapur Lapas Banjarbaru yang juga telah memiliki sertifikat Dapur Laik Hygiene Sanitasi Jasaboga. Ia juga meninjau tempat penyediaan air bersih dan alat memasak nasi (steamer) serta mencicipi nasi yang akan diberikan kepada warga binaan.

"berikan layanan kepada warga binaan terkait makanan bergizi. Kalapas dan Pejabat yang menangani hal ini agar bisa terjun langsung melakukan pengawasan dan pemantauan secara rutin, sehingga pelayanan dasar warga binaan dapat terpenuhi,” pesannya. 

Kalapas Banjarbaru, Amico Balalembang mengungkapkan terima kasih atas kunjungan Dirwatkeshab. Menurutnya, Lapas Banjarbaru terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga binaan, khususnya pelayanan kesehatan dan pemberian makanan yang layak bagi warga binaan.

"Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Direktur bersama tim Watkeshab Ditjenpas yang telah berkenan berkunjung ke Lapas Banjarbaru. Arahan serta semangat dari beliau, tentu menjadi motivasi bagi kami dalam melaksanakan tugas sehari-hari," ungkapnya.(tim/*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini