|



Masjid Jabal Nur Potong Hewan Kurban 5 Sapi 1 Kambing


Foto: Kegiatan Pemotongan Hewan Kurban Masjid Jabal Nur 

Sanggau.kapuasrayatoday.com-
Masjid Jabal Nur Sanggau Permai menyembelih hewan kurban sebanyak 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing. H Hairul Saleh selaku Ketua Panitia Kurban Idul Adha 1444 Hijriah. Penyembelihan dilaksanakan usai pelaksanaan sholat Idul Adha di Halaman Masjid Jabal Nur Jalan Dahlia. Kamis (29/06/2023)

Panitia kurban menyembelih sebanyak 6 hewan kurban yang terdiri dari 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Hewan kurban tersebut berasal dari Jamaah Masjid serta para Sohibul kurban yang mempercayakan hewan kurbannya untuk disembelih dan disalurkan oleh panitia kurban Masjid Jabal Nur.

Ketua panitia mengatakan, ada empat makna yang terkandung dalam Idul Adha kali ini. Yaitu pertama, sebagai umat Islam kita dapat mengikuti keimanan nabi Ibrahim yang begitu patuh dan taat kepada perintah Allah SWT. 

Kedua, jadilah insan seperti sosok seperti nabi Ismail yang berani berkorban karena keteguhan iman dan baktinya kepada kedua orang tua. Ketiga, dianjurkan bagi umat Islam yang mampu menyembelih hewan kurban hendaknya melaksanakan tanpa ragu-ragu tulus dan ikhlas. 

"Kemudian, keempat memberikan pesan moral yang baik kepada golongan fakir miskin untuk menghilangkan jurang pemisah antara kaya dan miskin," kata ketua panitia

Untuk itu makna kurban ini dapat diaktualisasikan oleh seluruh jamaah dan masyarakat dalam pelaksanaan tugas sehari-hari melalui semangat rela berkorban demi negara dan bangsa. Serta menumbuhkan kepedulian sosial antar sesama.

"Hal ini selaras dengan tema hari ini yaitu "Idul Adha 1444 H/2023 Masehi sarana peningkatan ketaqwaan dan kepedulian," katannya

Untuk diketahui, sebelumnya pelaksanaan sholat Idul Adha 1444 H dilaksanakan di Masjid Jabal Nur yang dipimpin oleh Imam dan Khotib Ustadz Samad Hariyanto, S.Ag. Pemandu Shalat H. M. Kholil. Sholat diikuti oleh ratusan jama'ah dari masyarakat sekitar. (Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini