-->
    |



PT. BHL Gelar Apel Siaga Karhutla 2023

 


Sintang,Kapuasrayatoday.com - 

PT.Bukit Hijau Lestari yang belokasi di desa Parubang Baru kecamatan Tempunak kabupaten Sintang mengelar apel Gabungan Kesiapsiagaan Penangulangan Karhutla yang berlangsung di Rayon Parisukasari Rabu (7/6) 2023.

Kegiatan tersebut diikuti 4 tim pemadam kebakaran dari perusahaan PT.Bukit HIjau Lestari (PT.BHL), PT.Bukit Prima Plantindo (PT.BPP) PT.Sintang Agro Mandiri (PT.SAM) dan PT.Permata Hijau Sarana (PT.PHS)  diharidi Koramil dan Kapolsek Tempunak, Serikat pekerja, serta para kades dan BPD di lingkungan wilayah kerja PT.BHL.

Bertindak selaku inspektur upacara Kapolsek Tempunak Ipda Martinus Sipayung dalam amanatnya menyampaikan bahwa secara umun penyebab utama Karhutla di Kalbar adalah kebakaran hutan dan lahan kata IPDA M.Sipayung.

Akibat kejadian tersebut dapat mengambat semua sektor seperti antara lain sektor transportasi udara,  ekonomi, dan pendidikan.



Untuk menekan kejadian tersebut dia menambahkan, yang perlu di perhatikan dan di waspadai adalah aktifitas masyarakat yang membuka lahan untuk pertanian karena masih dilakukan dengan cara membakar.

Dia mengajak peserta apel siaga karhutla untuk berperan aktif mencegah kebakaran hutan dan lahan pungkas Ipda M.Sipayung.

Pada kesempatan yang sama, camat Tempunak Maryono dalam pesannya mengatakan,meski dua tahun lalu kita tidak mengalami musim kemarau, malaj kebanjiran, namun tahun ini kita tetap waspada. Karena cuaca agak panas, dan masyarakat di sekitar kita berladang masih dengan cara membakar. Berkaitan dengan hal tersebut kita minta kepada semua pihak bahu membahu untuk mengatasi jika ada terjadi lebakaran kata Maryono.

Dia juga mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi pergub tentang tata cara membakar kata Camat. Jika terjadi kebakaran, dalam melakukan pemadaman, tetep mengutamakan keselamatan jiwa.

Penjelasan Pimpinan Perusahaan Ari Purwasari.

Ari Purwasari salah satu pimpinan PT.Bukit Hijau Lestari dalam keterangannya kepada wartawan menjelaskan, pihaknya (PT.BHL, PT.BPP, PT.PAM dan PT.PHS) secara personil dan peralatan, kami siap membantu masyarakat disekitar wilayah kerja kami masing - masing dalam mengatasi kebakaran saat membuka lahan pertanian ladang kata Ari.



Secara personil kami memiliki 9 regu pemadam yang tersebar di 4 perusahan dan masing - masing regu terdiri dari 15 personil. Sedangkan peralatan kami memiliki mesin Dompeng standar 25 HP sejumlah 22 unit juga tersebar di 4 perusahaan, mesin jinjinh merk Robin 43 unit, embung sebagai sumber air ada 36 unit, menara api ada 14 unit, mobil.damkar 4 unit terang Ari Purwasari." Jadi secara personil maupun peralatan kami siap" kata Ari.

Ari Purwasari juga mengimbau keoada masyarakat yang hemdak melakukan pembakaran.ladang supaya mematuhi Pergub maupun Perda setempat contohnya dengan melapor ke pihak desa, koramil, Kapolsek atau Forkopincam Tempunak termasuk pihak perusahaan  supaya kami enak dalam melakukan pelayanan keoada masyarakat tutup Ari Purwasari.

Usai mengelar apel kesiapsiagaan, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pemadam api mengunakan alat  PAR (Pemadam Api Ringan) oleh kaum perempuan, juga dilanjutkan dengan simulasi pemadaman api mengunakan mesin Dompeng oleh regu pemadam pria dari masing - masing perusahaan.

Forkopincam Kec.Tempunak dan pimpinan perusahaan saat meninjau pasukan siaga Karhutl dan peralatan pendukungnya.


Kegiatan apel kesiapsiagaan Karhutla juga di hadiri camat Tempunak Maryono, Danramil Tempunak Letda Inf. Paulinus.Kapolsek Tempunak Ipda Martinus Sipayung, Manggala Agni kabupaten Sintang - Melawi, para kades di sekitar wikayah kerja PT.BHL dan sejlah tamu undangan lainnya (darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini