|



AMSI - KPU Kalbar Perkuat Sinergisitas Hadapi Pemilu

 


Pontianak, Kapuasrayatoday.com -. AMSI dan KPU Kalbar memperkuat sinergisitas menghadapi Pemilu tahun 2024 dalam penyampaian informasi dan edukasi kepada masyarakat Kalimantan Barat.

Ketua Asoasisi Media Siber Indonesia (AMSI) Kalbar Kundori menjelaskan AMSI merupakan organisasi yang menaungi perusahaan pers dengan jumlah anggota 16 media.

Menurut Kundori, AMSI memiliki peran yang sangat penting dalam penyampaian informasi dan edukasi politik kepada masyarakat menjelang Pemilu 2024.

"Karenanya dirasakan sangat penting membangun sinergisitas antara AMSI dan KPU Kalbar," katanya saat audiensi dengan KPU Kalbar, Kamis (13/7).

Ia sebutkan salah satu program yang telah dicanangkan oleh AMSI dengan KPU RI adalah cek fakta guna menangkal hoax. Kerjasama itu dilanjutkan AMSI hingga ke seluruh daerah di Indonesia tak terkecuali AMSI Kalbar.

Sekretaris AMSI Kalbar Muhlis Suhaeri berharap sinergisitas AMSI dan KPU Kalbar dapat menghasilkan informasi yang sehat dan berkualitas untuk dikonsumsi masyarakat di tahun politik.

"Tentu informasi yang disampaikan tetap mengedepankan Kode Etik Jurnalistik (KEJ)," ucapnya. 

Ketua KPU Kalbar Muhammad Syarifuddin Budi menyambut baik kehadiran pengurus AMSI Kalbar yang dinilai akan sangat membantu tugas-tugas dari KPU.

"Dalam penyampaian informasi dan sosialisasi tentang Pemilu dan tahapan-tahapannya, KPU tidak bisa bekerja sendiri untuk menjangkau para pemilih di Kalbar yang jumlahnya mencapai 3,9 juta lebih," terangnya. 

Sebab menurut Budi, pihaknya berharap partisipasi pemilih di Pemilu 2024 bisa lebih tinggi. 

"Nah, adanya AMSI yang menaungi media-media online ini lah diharapkan dapat membantu meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilu 2024," harapnya.

Potret kerjasama yang akan dilakukan nanti disebutkan Budi tentu melihat dari ruang yang tersedia di KPU. Apakah itu dalam ruang bentuk bisnis dan non-bisnis.

"Terpenting adalah bagaimana media massa dalam memberikan informasi yang edukasi kepada masyarakat tentang Pemilu," pungkasnya.

Diketahui, Muhammad Syarifuddin Budi terpilih dalam seleksi KPU Kalbar bersama empat komisioner lainnya untuk masa bakti 2023 - 2028. 

Kelima komisioner KPU Kalbar ini dilantik oleh Ketua KPU RI Hasyim As'yari pada Rabu, 24 Mei 2023 di Jakarta serentak bersama 19 KPU provinsi lainnya.

Berikut nama-nama komisioner KPU Kalbar periode 2023-2028 yakni Muhammad Syarifuddin Budi, Syarifah Nuraini, Suryadi, Heru Hermansyah dan Kartono Nuryadi(rilis AMSI/*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini