|



Dengan SAPPU-IN, Bidang Perindustrian Ingin “Menyapu” Semua Pelaku Usaha Industri Kecil di Kabupaten Sanggau Agar Terdata dan Terbina.

Foto: Kepala Bidang Perindustrian, Silvester Roy Wiranto,SE,ME  Disperindagkop dan UM Kabupaten Sanggau

Sanggau.kapuasrayatoday.com-
Lagi-lagi Disperindagkop dan UM membuat inovasi atau gebrakan untuk mendukung pelayanan di Kabupaten Sanggau. Melalui Bidang Perindustrian, ASN yang dimontori oleh Kepala Bidang Perindustrian, saudara Silvester Roy Wiranto,SE,ME akan membuat sebuah platform digital yang diberi nama SAPPU-IN atau Sistem Administrasi Terpadu Pelaku Usaha Industri sebagai langkah untuk memberikan layanan yang prima bagi pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM). Selasa (11/07/2023)

Ditemui di sela-sela kesibukannya, Senin tanggal 10 Juli 2023, Pak Roy begitu sapaannya menjelaskan bahwa sistem ini dibangun sebagai upaya untuk memetakan seluruh pelaku IKM yang ada di Kabupaten Sanggau. 

“Alasannya sederhana, kita dalam memberikan pembinaan kan harus disesuaikan dengan kondisi IKM nya makanya kita perlu punya data yang komprehensif dimana selain bisa menilai level IKM nya juga perlu mendata seluruh IKM di Kabupaten Sanggau baik yang non formal atau yang menengah. Pokoknya rencana kita disapuin abis lah” begitu terangnya. 

Dengan dukungan Kepala Dinas Perindagkop dan UM Kabupaten Sanggau dan Bappeda Kabupaten Sanggau, platform ini diharapkan bisa menjawab tantangan ke depan. 

Masyarakat yang menjadi pelaku IKM terlepas daripada izinnya bisa mendaftarkan usahanya baik dengan melapor atau membuat akun IKMnya. 

Kepala Bappeda dalam hal ini dituturkan Pak Roy, “Ibu Yulia Teresia sudah menyambut baik ide inovasi ini kok, ini kan inovasi jadi sudah pasti kita dukung untuk meningkatkan indeks inovasi kita apalagi kalau ini bersentuhan langsung dengan masyarakat” jelasnya. 

Sebagai perencana program, Bappeda merasa memiliki komitmen yang sama yaitu dengan adanya data yang komplit dan faktual bisa mendorong program yang sekiranya penting dan prioritas. 

Lanjut lagi,saudara Roy yang sedang mengikuti Diklat PKA 1 mengatakan “SAPPUIN mungkin dilaunching bulan Agustus tapi sekarang kita sudah membuat prototipe dan simulasinya, doakan aja yak kan tujuannya untuk masyarakat juga” sambil tersenyum. Setelah itu, ditunjukkan salam Sappuin dengan jargon “Sapu Abiss,!!” sambil mengajak awak media untuk mengikuti. (cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini