|



Petani Swadaya Di Sekadau Peroleh Sertifikasi ISPO Pertama Di Kalbar, Aron Apresiasi Kinerja DKP3

 

Kiri, Bupati Sekadau Aron SH saat meresmikan hutan adat roga babi di Mondi. Kanan : kadis DKP3 kabupaten Sekadau Drs.Sandae M.Si

Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) adalah suatu kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pertanian dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing minyak sawit Indonesia.

Pemerintah melalui Permentan No 11/2015 tentang ISPO merupakan regulasi yang wajib diterapkan oleh perusahaan kelapa sawit dalam upaya memelihara lingkungan, meningkatkan kegiatan ekonomi, sosial, dan penegakan paraturan perundangan Indonesia di bidang perkelapa sawitan. Penyusunan sistim sertifikasi ISPO mengacu/didasarkan pada 139 peraturan mulai Undang-undang sampai dengan peraturan Dirjen berbagai instansi pemerintah.

Di kabupaten Sekadau, selain perusahaan perkebunan kelapa sawit, petani swadaya juga secara perlahan kita uoayakan untuk memperoleh sertifikasi ISPO kata Aron saat memberikan sambutan di acara peresmian hutan adat Roga Babi di desa Mondi Senin (3/7) 2023.

Aron mengatakan, berkat kerja keras dinas DKP3 petani swadaya di Sekadau dapat memperoleh sertifikasi ISPO yang pertama di Kalbar. Ini merupakan prestasi yang luar biasa kata Aron.

"Berkat kerja keras semua pihak terutama dinas DKP3, sehingga petani swadaya dapat memperoleh sertifikasi ISPO pertama di Kalbar ini sangat luar biasa" ucap Aron.

Terpisah Kadis DKP3 kabupaten Sekadau Drs.Sandae M.Si.mengatakan untuk ISPO maupun RSPO kita adalah yang pertama di Kalbar. ISPO adalah petani dampingan Serikat Petani Kelapa.Sawit (SPKS), sedangkan RSPO adalah petani dampingan APKS KK. Kedepan lanjut Sadae target utama  kita adalah memperbanyak penerbitkan STDB karena semua itu berawal dari surat tanda daftar budidaya (STDB) kata Sandae. Sebagai impormasi, dalam waktu dekat, tim kita akan mengikuti kegiatan workshop di pontianak tentang tata cara penomoran STDB secara nasional ungkap Sandae. 

Prestasi ini juga tercapai berkat dukungan dari berbagai pihak pungkas Sandae. (Darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini