|

Tertibkan Tata Niaga TBS, DKP3 Sekadau Lakukan Monev Ke PKS TBSM


 Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Dinas ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) kabupaten Sekadau melakui bidang Perkebunan pada Senin (31/7) 2023 melakukan monitoring dan evaluasi terhadap tata niaga TBS di wilayah PKS perkebunan kelapa sawit di kabupaten Sekadau.

Paulus Rimus ketua tim monev dari bidang perkebunan mengatakan, monev kali ini adalah sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan bersama antara dinas DKP3 dengan seluruh pimpinan PKS yang ada di kabupaten Sekadau pada tanggal 12 Juli 2023 dan kesepakatan tata niaga yang telah dilakukan tanda tangani bersama pada bulan April 2022 lalu di Pontianak.

Paulus Rimus menambahkan, Tujuan dilakukannya monev adalah untuk mengumpulkan data penerimaan TBS termasuk SPK dengan pihak ke 3, data kebun swadaya di sekitar IUP, data loding ram di sekitar perusahaan, dan data uji rendemen kata Paulus Rimus.

Pada kesempatan tersebut Salah satu pimpinan PT.TBSM Budi mengatakan bantuan memiliki data baik data kemitraan maupun data sampel mutu rendemen. Meski begitu dia mengakui dalam memitrakan petani swasaya di sekitar IUP masih ada beberapa kendala antara lain pluktuasi harga, karena petani masih bisa terpengaruh oleh para pendor atau CV yang bisa saja membeli dengan harga lebih tinggi dari harga ketetapan kata budi mengakui.

Kegiatan Monev juga didampingi staf analisis pengendalian mutu dinas DKP3 kabupaten Sekadau Sito Paulus SP, Grwgorius Sony Kurniawan SP staf analisis pasar hasil pertanian, Ab.Abdul Nasieudin staf analisis data Indek K dan ketua bidang hukum dan advokasi SPKS kabupaten Sekadau Sudarno (tim/*)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini