|

Wabup Subandrio Buka Acara Sosialisasi Pembentukan LPM

 Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 


Wakil bupati Sekadau Subandrio SH.MH membuka kegiatan sosialisasi pembentukan lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) yang berlangsung di.alula lantai II kantor bupati Sekadau Kamis (10/8) 2023. 

Ketua panitia penyelengara kegiatan Robertus Roby dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan adalah untuk memberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi LPM serta membantu kepala desa untuk melakukan pendataan sistem.keuangan di desa terutaman tertib administrasi dengan sistem keuangan cast mani sistem (CSM) kata Roby.

Sebagai impormasi lanjut Roby Indek Desa Membangun (IDM) kabupaten Sekadau pada semester I tahun 2023 dari 28 desa mandiri pada tahun.2022 bertambah menjadi 50 desa mandiri. Desa maju menjadi 29 desa. Desa berkembang ada 15 desa. Desa tertinggal dan sangat tertinggal sudah tidak ada lagi di kabupaten Sekadau terang Roby.

Wabup Subandrio dalam Arahnya menyampaikan bahwa Desa merupakan struktur pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu kades diminta untuk menjalankan tugas sesuai dengan perintah undang-undang. 

Tugas yang kita jalankan hari ini adalah membentuk LPM ditingkat desa kata wabup.

LPM dibentuk untuk membantuk kades bukan untuk menyaingi kades tambah wabup.sehingga tugas LPM adalah untuk memberikan dukungan kepada kades atau sebagai.mitra kades.



Wabup juga berpesan, LPM jangan jadi beban kades tapi bantu kades katanya.

Sebagai impormasi, tahun ini kabupaten Sekadau mendapatkan 16 desa yang akan masuk PLN, sampai jangan pada saat listrik masuk desa terjadi masalah ganti rugi tanam tumbuh karena jika sampai batal, sulit untuk masuk kembali kata wabup mengingatkan.

Menyinggung soal program IP3K, wabup meminta kepada kades supaya melakukan pendataan kelompok tani yang ingin mendapatkan bantuan bibit sawit supaya dibantu proses administrasinya. Namun hal yang paling utama yang harus diperhatikan adalah mengetahui apakah dia tidak sampai terletak di hutan lindung pungkas wabup. 

Setelah memberikan arahannya wabup.secara resmi membuka kegiatan sosialisasi LPM.



Selain itu kegiatan tersebut juga di rangkai dengan penyerahan surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan plat nomor kendaraan roda dua bantuan Pemvrp Kalbat bagi desa mandiri tanhun 2022 di kabupaten Sekadau.

Keguatan tersebut dihadiri kadis Pemdes, para camat dan kades se kabupaten Sekadau..(darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini