|

Wakapolres Kapuas Hulu Hadiri Gelar Apel Pasukan Gabungan Kesiapsiagaan Karhutla

 


Putusibau,Kapuasrayatoday.com - Kapolres Kapuas Hulu yang diwakili Wakapolres Kompol Dahomi Baleo Siregar, S.H., menghadiri apel gelar pasukan gabungan dalam kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) wilayah Kabupaten Kapuas Hulu yang dilaksanakan di GOR Uncak Kapuas Putussibau, Rabu (3/8/2023).

Dandim 1206/Psb Letkol Inf. Sri Widodo selaku Inspektur Apel menyampaikan bahwa apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan ini merupakan satu tahapan penting untuk mengingatkan kita akan perlunya upaya memelihara kelestarian hutan dan lahan yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

"Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi satu pemicu untuk memastikan kesiapsiagaan seluruh pemangku kepentingan mulai dari pemerintah daerah, TNI-Polri dan seluruh instansi terkait, serta organisasi baik pada aspek personel maupun sarana dan prasarana dalam rangka mencegah dan menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu," kata Letkol Inf. Sri Widodo.

Selanjutnya, Dandim 1206/Psb menyampaikan bahwa penanganan Karhutla tidak hanya tanggungjawab TNI, Polri dan Pemda, akan tetapi seluruh pihak dan masyarakat di Kapuas Hulu.

"Jadi memiliki kewajiban bersama untuk sama-sama melakukan Penanggulangan Karhutla," ucapnya.

Kemudian, Letkol Inf. Sri Widodo menyampaikan bahwa dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan terdapat tiga langkah penanggulangan yang dapat dilaksanakan yang pertama yaitu pencegahan dengan memberikan sosialisasi yang berisi himbauan kepada masyarakat hal ini merupakan upaya yang paling utama dalam membangun kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Kemudian Letkol Inf Sri Widodo menambahkan bahwa dampak dari Karhutla sangat merugikan, baik dari aspek kesehatan, ekonomi, usaha dan lainnya. Maka dari itu harus kita tangani bersama.

Hadir dalam kegiatan apel gelar pasukan gabungan kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tersebut Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, S.T., Ketua DPRD Kuswandi, S.M, Danyonif RK 644/Wls Letkol Inf Benu Supriyantoko, S.H, Kajari Kapuas Hulu Safi'i Hadari, S.H., M.Hum., Ketua Pengadilan Negeri Putussibau Agung Budi Setiawan, Dansubdenpom XII/1-6 Putussibau, Letda CPM Mujib Priyono.

Hadir pula Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas Hulu Yanto, S.P., Kepala BPBD Kapuas Hulu Gunawan, S.Sos., Ketua Ormas Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) Kabupaten Kapuas Hulu Yulianus Mangga, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Agama Kabupaten Kapuas Hulu dan seluruh peserta apel gelar pasukan baik dari TNI-Polri maupun pemerintah daerah dan ormas.

Kegiatan apel selesai pada pukul 09.30 wib kemudian dilanjutkan dengan Patroli Karhutla di wilayah Kecamatan Putussibau Utara dan Kecamatan Putussibau Selatan yang dianggap rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).(hms)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini