|



Warga Binaan Lapas Banjarbaru Antusias Ikuti Lomba Tradisional Dalam Rangka HUT Ke-78 RI dan Hari Lahir Kemenkumham Ke-78

 


Banjarbaru, Kapuasrayatoday.com - Dalam rangka HUT ke-78 RI dan Hari Kemenkumham ke-78, Lapas Kelas IIB Banjarbaru menggelar perlombaan tradisional yang diikuti oleh Warga Binaan Pemasyarakatan, pada Senin (21/8/2023) di Lapangan Lapas Banjarbaru. Lomba tradisional yang dipertandingkan diantaranya adalah lomba tarik tambang, lomba balap karung, lomba bakiak, dan lomba kelereng.

Kalapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyemarakkan hari Kem

erdekaan RI dan hari Kemenkumham ke-78. Selain itu, juga untuk membangun semangat kebersamaan, kekompakan, serta sportifitas antar Warga Binaan.

“lomba tradisional ini sangat disambut antusias, penuh canda tawa dan gembira oleh Warga Binaan. Kegiatan ini kita gelar juga sebagai upaya untuk melestarikan permainan tradisional di Indonesia sehingga warga binaan turut merasakan euforia hari Kemerdekaan meskipun tengah menjalani masa pidana di Lapas,” 

Usai lomba tradisional, dilakukan penyerahan hadiah berupa bingkisan kepada para pemenang lomba tradisional antar Warga Binaan dan para juara Pekan Olahraga dan Seni yang telah diselenggarakan waktu yang lalu dalam rangka semarak Hari Kemenkumham ke-78 tahun 2023.

Lebih lanjut, Amico menyampaikan hadiah yang diberikan kepada para pemenang lomba adalah sebagai bentuk apresiasi kerena telah menumbuhkan rasa sportif serta kebersamaan antar Warga Binaan dan Pegawai dalam berbagai perlombaan yang diselenggarakan.

"Hadiah yang diberikan jangan dilihat dari harganya tapi yang paling penting adalah kebersamaan yang terjalin semakin erat antara pegawai dan warga binaan karena pada saat lomba semua berbaur saling bantu dan saling bekerjasama. Mudahan-mudahan hadiahnya bermanfaat," harap Amico.

Erwan, Warga Binaan yang mengikuti lomba tarik tambang mengaku merasa gembira bisa ikut ambil bagian dalam perlombaan tradisional. "ini nostalgia, seakan kembali ke masa kecil saat mengikuti lomba 17an. Tentu senang pak, karena kami masih bisa merasakan semangat hari Kemerdekan dan  turut serta memeriahkan HUT RI ke-78 walau berada didalam Lapas," ungkapnya.(tim/*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini