|

Minta Bebaskan Pelaku Pencuri TBS, Warga Pagar Jalan Demaga

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Ingin tukar guling dengan kasus pencurian TBS yang di lakukan oleh MJ, sekelompok warga Tapang Bungkang desa Sungai Kunyit pada Sabtu 16 September 2023 kembali melakukan pemagaran jalan Dermaga Serasi desa Sungai Kunyit kecamatan Sekadau hilir.

Pemagaran tersebut buntut dari penangkapan salah seorang warga berinisial MJ yang terlibat kasus pencurian Tandan Buah Segar (TBS) milik PT. Permata Hijau Sarana (PHS).

Sebelumnya, warga juga pernah melakukan pemagaran di lokasi yang sama pada tanggal 24 Agustus 2023 lalu. Mirisnya salah satu penyebab warga melakukan pemagaran tersebut adalah sebagai bentuk protes terhadap penangkapan MJ pelaku pencucrian TBS,.dengan dalih menuntut keadilan.

Akibat pemagaran dermaga tersebut TBS petani tidak bisa dikirim ke pabrik kelapa sawit PT MPE. Hal ini lantas menimbulkan keresahan di kalangan petani, khususnya yang berada di wilayah Desa Seberang Kapuas, Tanjung, Sempulau Indah, Landau Kodah, dan Semabi. 

Salah seorang warga setempat yang minta namanya tidak di sebutkan dimedia mengatakan pihaknya telah menyampaikan surat kepada pihak kepolisian terkait dengan pemagaran tersebut. Ia pun berharap agar masalah tersebut tidak berkepanjangan. 

“Apabila dibiarkan jalan itu dipagar sampai pada jadwal panen kebun plasma milik petani,maka dikhawatirkan akan berdampak tidak terjualnya TBS milik petani setempat, karena tidak bisa lewat," katanya Senin (18/9/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, kalau hal ini terus dibiarkan maka para petani plasma akan merasa dirugikan, karena pengiriman TBS tidak bisa dilakukan, dan akan berdampak langsung terhadap perekonomi masyarakat.

"Makanya saya minta agar pihak terkait segera mencari solusi agar pemagaran jalan Dermaga tersebut tidak berlarut-larut, supaya penjualan TBS milik petani bisa lancar," pintanya.

Sementara itu Kayus kepala desa Sungai Kunyit ketika di konfirmasi melalui pesan singkat mengatakan belum bisa memberikan tanggapan terkait pemagaran tersebut, sebab ia belum tau apa alasan warga melakukan pemagaran.

"Terkait kasus ini saya belum bisa memberi tanggapan bang. Karena saya belum tau apa alasan mereka melakukan pemagaran lagi," tulisnya Minggu (17/09/2023) melalui pesan singkatnya.

Sementara itu, humas PT. PHS, Yuspinus Suwisto mengatakan kepada media saat berjumpa kantor desa Sungai Kunyit Senin, (18/09/2023) ia mengatakan,bahwa perjanjian sewaktu  mediasi tersebut cuma perjanjian bahwa perusahaan sudah memaafkan pelaku pencurian.melalui pernyataan secara lisan dengan tidak mengesampingkan proses hukum.

"Perjanjian waktu mediasi itu adalah perjanjian untuk memaafkan pelaku saja secara pribadi, pelaku sudah kami maafkan, tetapi proses hukum tetap berlanjut," katanya.

Dia menambahkan,bahwa mediasi yang dilakukan beberapa kali antara masyarakat dan perusahaan sudah membuahkan hasil, hanya saja jika permintaan kepada perusahaan untuk membebaskan pelaku pencurian bukan menjadi hak dan kewenangan perusahaan.

"Mediasi yang dilakukan beberapa kali  sudah ada hasilnya, tapi kalau permintaan masyarakat pelaku dibebaskan, itu bukanlah ranah kita yang menjawabnya," kata Awis.

Kami tetap ingin agar yang bersangkutan diproses secara hukum, karena berdasarkan keterangan pelaku, dirinya sudah empat kali melakukan pencurian  TBS milik perusahaan dan sedangkan pelaku statusnya sebagai karyawan di PT PHS yang seharusnya ikut serta menjaga agar perusahaan tidak mengalami kerugian. 

"Jadi menurut saya pelaku sudah menyalahgunakan kepercayaan perusahaan dimana pelaku adalah seorang karyawan pemanen di PT. PHS," katanya.

Untuk diketahui lanjut dia,  bahwa status jalan yg dipagar oleh warga adalah jalan poros kebun yang dibangun oleh pihak perusahan hanya untuk kepentingan angkutan TBS dan mobilisasi masyarakat disekitar perkebunan, jalan tersebut dirawat bersama oleh perusahaan dan petani plasma serta pengguna jalan lainnya  secara sharring.

Kapolres Sekadau, AKPB Suyono, melalui Kasat Reskrim Polres Sekadau, Iptu Rahmad Kartono, saat dikonfirmasi membenarkan adanya pemagaran tersebut. Warga juga telah menyampaikan surat pemberitahuan terkait penutupan jalan tersebut Kapolsek Sekadau Hilir.

“Surat pemberitahuan dari warga sudah disampaikan ke Kapolsek. Terkait proses hukum kasus pencurian itu, kami tegak lurus,” tuturnya.(tim/darno).

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini